Analysis of Customer Loyalty of Indonesia Sharia Bank

Authors

  • Dewi Mahrani Rangkuty Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Diwayana Putri Nasution Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Gryanda Ansor Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.24090/icontrees.2023.344

Keywords:

Customer Loyalty; Islamic Values; Islamic Banking

Abstract

This study aims to determine the effect of the application of Islamic values on customer loyalty at Indonesian Islamic banks in Medan. This study’s analytical methods are the Instrument and Data Quality Test, Classical Assumption Test, Research Hypothesis Testing, and Multiple Linear Regression Analysis. The results of the analysis on the application of Islamic values at PT Bank Syariah Indonesia in Medan show that the application of Islamic values has a significant effect on customer loyalty at PT Bank Syariah Indonesia in Medan, this can be seen from the application of Islamic values.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Mahrani Rangkuty, Universitas Pembangunan Panca Budi

Economics Department

Diwayana Putri Nasution, Universitas Pembangunan Panca Budi

Economics Department

Gryanda Ansor Siregar, Universitas Pembangunan Panca Budi

Economics Department

References

Bank Indonesia, Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia, www.bi.go.id, diakses tanggal 15 Mei 2021.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988.

Djamil, Fathurrahman, (et al), Hukum Perjanjian Syariah dalam Kompliasi Hukum Perikatan, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2001.

Engel, James F., Perilaku Konsumen alih bahasa FX Budiyanto, Jakarta: Binarupa Aksara, 1992.

Foster, Brian D. and John Q. Cadogan, Relationship Selling and Costumer Loyalty: An Empirical Investigation, Journal of Marketing Investigation and Planning, 2000.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Uniersitas Diponegoro, Semarang.

Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hurriyati, Ratih, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta, 2005.

Manan, Muhammad Abdul, Islamic Economic: Theori and Practise (A Comperative Study), Delhi: Idarah Adabiyah, 1970.

Nadya, Gina, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Tabungan Di Perbankan Syariah Yogyakarta (Studi Kasus Pada BNI Syariah Cabang Yogyakarta), Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Statistik Perbankan Syariah 2015, www.ojk.go.id diakses tanggal 15 Mei 2021.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Laporan Profil Industri Perbankan 2015,

www.ojk.go.id diakses tanggal 15 Mei 2021.

Pasal 1 angka 2 Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Pasal 1 ayat 4, Peraturan Bank Indonesia No. 9/19/PBI/2007 tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penghimpunan dan Penyaluran Dana serta Pelayanan Jasa Bank Syariah.Pasal 1 angka 7 Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Pasal 2 ayat 3 Peraturan Bank Indonesia No. 10/16/PBI/2008 tentang, Pemenuhan Prinsip Syariah Dalam Kegiatan Penghimpunan dan Penyaluran Dana serta Jasa Pelayanan Bank Syariah Dilaksanakan Dengan Memenuhi Ketentuan Pokok Hukum Islam.

Pasal 24 ayat (1) dan ayat (2) huruf a dan Pasal 25 huruf a Undang-Undang No.

Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

Pasal 1 ayat 8 Peraturan Bank Indonesia No. 10/16/PBI/2008 tentang Bentukbentuk Pembiayaan Perbankan Syariah.

Rangkuti, Freddy, Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: Gramedia, 2002 Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik, Yogyakarta: Andi, 2012.

Antonio, Syafii, Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktek (Jakarta: Gema Insani Press, 2001)

Djokosusanto, Moeljono, Budaya Korporat Dan Keunggulan Korporasi (Jakarta : Elex Media Komputindo, 2003)Jabr Al-Jazairi,

Abu Bakr. Ensiklopedia Muslim, (Jakarta, Darul Falah, 2000)

Musrin, M, “Sistem Nilai Dan Pandangan Hidup Serta Relasinya Dengan Ilmu Pengetahuan:, Wardah No. 8 (Juni 2004)

Qardawi, Yusuf Peran Nilai dan Moral Dalam Perekonomian Islam (Jakarta:Rabbani Press, 1997

Rivai, Veithzal, Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)

Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat, 2013), h. 232

Sutan Remy Sjahdeini, Perbankan Syariah, Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014), h. 127.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Rangkuty, D. M., Nasution, D. P., & Siregar, G. A. (2023). Analysis of Customer Loyalty of Indonesia Sharia Bank. Proceeding of Saizu International Conference on Transdisciplinary Religious Studies, 233–240. https://doi.org/10.24090/icontrees.2023.344