Manajemen Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an untuk Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan

Authors

  • Fatmah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Abstract

Abstract

College student who also memorize the Qur’an have their own challenges. His double busyness as a student and memorizer of the Qur’an raises several problems that become obstacles in memorizing the Qur’an. This study aims to determine the strategies adopted by the Ath-Thohiriyyah Islamic boarding school in dealing with this obstacle, so as to improve the quality of memorizing students well. The research method used is qualitative research with a phenomenological approach. The type of research is field research with a single case study. Collecting data using interviews, participant observation and documentation. The result showed that the pesantren had strategy of learning tahfidz Al-Qur’an with three stages, there are the formulating stage which included analyzing the problems faced and determining programs to overcome existing problems, the implementation stage of all programs set in the formulating stage, and the evaluation stage as an action in monitoring the formulating and implementation stages

Keywords: management strategic; memorizing al-qur’an; college student

Abstrak

Mahasiswa yang juga menghafalkan Al-Qur’an memiliki tantangan tersendiri. Kesibukan gandanya sebagai mahasiswa dan penghafal Al-Qur’an memunculkan beberapa permasalahan yang menjadi kendala dalam menghafalkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah dalam menghadapi kendala tersebut, sehingga dapat meningkatkan kualitas hafalan santrinya dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan strudi kasus tunggal. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren memiliki strategi pembelajan tahfidz Al-Qur’an dengan tiga tahapan, yaitu tahap pembuatan yang mencakup tentang analisis permasalahan yang dihadapi dan penetapan program-program untuk mengatasi permasalahan yang ada, tahap pelaksanaan dari semua program yang ditetapkan dalam tahap pembuatan, serta tahap evaluasi sebagai tindakan dalam memonitor tahap pembuatan dan pelaksanaan.

Kata Kunci: manajemen strategi; tahfidz al-qur’an; mahasiswa

Downloads

Published

2022-09-30