Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam

Authors

  • Sayono Sayono UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

kurikulum, madrasah, manajemen, pendidikan islam

Abstract

Abstract

Several studies have shown that there are many madrasa students who exhibit negative behavior that is not Shariah-compliant. It is an assumption in society that students in madrassas behave just like students in public schools in terms of negative behavior. This is not in line with the goals of the Islamic education curriculum. This study aims to describe the concept of curriculum management in madrassas for reference in managing the curriculum. This study is a literature review using data from multiple sources. The obtained data were subjected to descriptive analysis using content analysis techniques. The management of the Islamic education curriculum is divided into four phases, namely planning, organizing, implementing, and evaluating. Curriculum in madrassas must be well managed in order to produce graduates who meet predetermined competency standards. Ideally, if the madrasa curriculum is managed properly, students in madrassas will have more values ​​than students in mainstream schools.

Keywords: Curriculum; Islamic education; madrasa; management

Abstrak

Beberapa studi menunjukkan bahwa ditemukan banyak siswa madrasah yang memiliki perilaku negatif yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Hal tersebut menjadi asumsi di masyarakat bahwa siswa madrasah sama saja dengan siswa sekolah umum dalam hal perilaku negatif. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan kurikulum pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah konsep manajemen kurikulum pendidikan Islam di madrasah yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam mengelola kurikulum. Penelitian ini merupakan kajian literatur (literature review) dengan data diperoleh dari berbagai sumber. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif melalui teknik analisis konten. Manajemen kurikulum pendidikan Islam dilaksanakan melalui empat tahap, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Kurikulum madrasah perlu dikelola dengan baik agar menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara ideal, ketika kurikulum di madrasah dikelola dengan baik, maka siswa madrasah akan memiliki nilai-nilai lebih dibandingkan dengan siswa sekolah umum.

Kata Kunci: Kurikulum; madrasah; manajemen; pendidikan Islam

Downloads

Published

2023-05-10