Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam di Era Disrupsi
Keywords:
kurikulum, pendidikan islam, era disrupsiAbstract
Abstract
The Islamic education curriculum plays a very important role, because its content is sourced from the Qur'an which contains complete teachings to protect human life. This study explains the study of Islamic education curriculum management in the era of disruption. The method used in this study is to use the library research method that literature or literature studies can be interpreted as a series of activities related to the method of collecting library data, reading, recording and processing study materials. The results of this study show that the management of the Islamic education curriculum will be applied in educational institutions by collaborating with all individuals / groups in the institution such as madrasah heads, teachers, employees, school committees and parents so that educational goals can be achieved as planned.
Keywords: Curriculum, Islamic Religious Education, Disruption Era
Abstrak
Kurikulum pendidikan Islam memegang peranan yang sangat penting,karena isinya bersumber dari al-Qur’an yang mengandung ajaran yang lengkap untuk melindungi kehidupan manusia.Penelitian ini menjelaskan tentang kajian terhadap manajemen kurikulum pendidikan Islam di era disrupsi.Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah menggunakan metode kepustakaan (library research) bahwa studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka,membaca,mencatat serta mengolah bahan kajian.Hasil kajian ini menunjukkan bahwa manajemen kurukulum pendidikan Islam akan dapat diterapkan di lembaga pendidikan dengan mengadakan kolaborasi dengan melibatkan semua individu/kelompok yang ada dalam lembaga tersebut seperti kepala madrasah, guru, karyawan,komite sekolah juga wali murid agar tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai dengan yang di rencanakan.
Kata Kunci: kurikulum; pendidikan Islam,era disrupsi