Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di MI Darwata Karangasem Sampang Kabupaten Cilacap

Authors

  • Lilin Fatonah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

kepemimpinan, peningkatan, kompetensi guru

Abstract

Abstract

Madrasas as educational institutions, of course, have several personalities, ranging from the head of the madrasa to educational staff, the head of the madrasa tries to motivate teachers and other staff to achieve school goals. Neither side is threatened or coerced, and the madrasa head must function as a wise, prudent, and just leader. In other words, to prevent prejudice, madrasa principals must be able to treat those under them equally. This observation aims to find out more about the efforts of Madrasah leaders in improving the competence of MI Darwata Karangasem Sampang teachers.

It is undeniable that the role of a leader in carrying out his leadership has a significant impact on the achievement of organizational goals. The leadership role can be broken down into five functions: instruction, consultation, participation, delegation, and control. Madrasah principals must have a variety of skills, such as the ability to solve various problems, develop communication, and show responsibility. Everyone has a unique leadership style. There must be advantages and disadvantages for each leadership style and type. The teacher's strong desire to learn is a supporting factor for school managers in improving teacher skills.

 

Keywords: leadership, improvement, teacher competence

Abstrak

Madrasah sebagai lembaga pendidikan, tentu memiliki beberapa personal, mulai dari kepala madrasah hngga staff kependidikan, kepala madrasah berupaya memotivasi para pengajar dan staf lainnya untuk mencapai tujuan sekolah. Tidak ada pihak yang diancam atau dipaksa, dan kepala madrasah harus berfungsi sebagai pemimpin yang arif, bijaksana, dan adil. Dengan kata lain, untuk mencegah prasangka buruk, kepala madrasah harus mampu memperlakukan mereka yang berada di bawahnya secara setara. Observasi ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh upaya pimpinan Madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru MI Darwata Karangasem Sampang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya memberikan dampak yang signifikan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Peran kepemimpinan dapat dipecah menjadi lima fungsi: instruksi, konsultasi, partisipasi, delegasi, dan kontrol. Kepala madrasah harus memiliki berbagai keterampilan, seperti kemampuan menyelesaikan berbagai masalah, mengembangkan komunikasi, dan menunjukkan tanggung jawab. Setiap orang memiliki gaya kepemimpinan yang unik. Keuntungan dan kerugian harus ada untuk setiap gaya dan jenis kepemimpinan. Keinginan guru yang kuat untuk belajar menjadi faktor pendukung bagi pengelola sekolah dalam meningkatkan kecakapan guru.

 

Kata kunci: kepemimpinan, peningkatan, kompetensi guru

 

Published

2023-05-10