Penanaman Disiplin Peserta Didik di Era Society 5.0 melalui Optimalisasi Kompetensi Kepala Madrasah

Authors

  • Hendriyanto Hendriyanto UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

disiplin, peserta didik, kompetensi kepala madrasah

Abstract

Abstract

Discipline is a major part of education. Discipline that is firmly embedded in students will eventually bring up humans who are ready to compete in today's world developments. This study aims to understand the inculcation of student discipline through optimizing the competencies contained in the principal. This research is a qualitative research with the type of research that is library research. Data were obtained through various literatures collected through documentation and analyzed using descriptive analysis and content analysis. The results of this study indicate that through the five principal competencies, schools can try to provide a design effort to instill discipline where these five competencies are personality competencies, namely by being a good role model in presenting a disciplinary attitude to students, managerial competencies, namely by increasing the ability of educators and coaches in carrying out all activities that support the inculcation of discipline in students, entrepreneurial competence, namely by presenting an attitude of never giving up and always innovating in instilling discipline in students, supervision competence, namely carrying out supervision, guidance and evaluation in every activity carried out in an effort to instill discipline and the social dimension, namely by working with various parties that have the potential to support the inculcation of discipline in students.

Keywords: Discipline; Learners; Principal Competency

Abstrak

Kedisiplinan merupakan bagian utama dalam pendidikan. Kedisiplinan yang tertanam kuat dalam diri peserta didik pada akhirnya akan memunculkan manusia yang siap berkompetisi dalam perkembangan dunia saat ini. Penelitian ini bertujuan dalam memahami penanaman disiplin peserta didik melalui optimalsiasi kompetensi yang terdapat dalam diri kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian pustaka. Data didapatkan melalui berbagai literatur yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui lima kompetensi kepala sekolah, sekolah bisa berupaya memberikan rancangan upaya dalam menanamkan kedisiplinan dimana kelima kompetensi ini yaitu kopetensi kepribadian yaitu dengan menjadi teladan yang baik dalam menghadirkan sikap disiplin kepada peserta didik, kompetensi manajerial yaitu dengan melakukan peningkatan kemampuan pendidik dan pembina dalam menjalankan segala kegiatan yang mendukung penanaman kedisiplinan dalam diri peserta didik, kompetensi wirausaha yaitu dengan menghadirkan sikap pantang menyerah dan selalu berinovasi dalam menanamkan kedisiplinan dalam diri peserta didik, kompetensi supervisi yaitu melakukan pengawasan, bimbingan dan evaluasi dalam setiap kegiatan yang dijalankan dalam upaya menanamakan kedisiplinan dan dimensi sosial yaitu dengan bekerjasama dengan berbagai pihak yang berpotensi mendukung penanaman kedisiplinan dalam diri peserta didik

Kata Kunci: disiplin; peserta didik; Kompetesi kepala madrasah

Published

2023-05-10