Manajemen Pendidikan Karakter Religius di Kelas Full Day School MTsN 3 Cilacap

Authors

  • Ernawati Ernawati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

manajemen pendidikan karakter religius, kelas fds

Abstract

Abstract

This research was motivated by the existence of a series of activities carried out by the school in cultivating religious character for MTsN 3 Cilacap Full Day School students. This research aims to equip MTsN 3 Cilacap students with khowledge, skills, and cultivating religious character. The method used is a qualitative descriptive method with interview, observation, and documentation methods. Data analysis techniques use interactive analysis with data reduction steps, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the management of religious character education in Full Day School class MTs N 3 Cilacap is through the habituation method which includes the habituation of smiles, and greetings. Habituation of worship, namely praying dluha together, congregation of midday prayers, congregation of asr prayers. Habit of reciting Asmaul Husna, sholawat nariyah, daily prayer, reading juz amma and its meaning. Habibt in being honest, responsible, discipline and tolerance, habit of living clean and healthy. And literacy habituation.

Full Day School or abbreviated FDS is part of the madrasah, but has a longer study time every day, and is a form of education that is starting to be in demand by the community. Full Day School equips its students with knowledge, skills, and instilling religious character. And also study of the yellow book. Factors that support religious character education are the expectations of parents, commitments with all madrasah member and facilities.

Factors inhibiting the management of religious character education at Full Day School MTsN 3 Cilacap are different backgrounds of students, lack of awareness, environment and the interaction factor of students.

Keywords: Management of religious character education, Full Day School Class

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu rangkaian aktivitas yang dilakukan sekolah dalam penanaman Karakter  religius bagi siswa-siswi Full Day School MTsN 3 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk membekali siswa-siswi  kelas Full Day School MTsN 3 Cilacap dengan pengetahuan, ketrampilan dan penanaman Karakter  religius. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter religius di kelas Full Day School MTsN 3 Cilacap adalah  melalui metode pembiasaan yang di antaranya berupa pembiasaan senyum, sapa dan salam. Pembiasaan ibadah yaitu sholat dluha bersama, jamaah sholat dzuhur, dan jamaah sholat ashar. Pembiasaan pembacaan asmaul husna, sholawat nariyah, doa harian dan membaca juz amma beserta artinya. Pembiasaan sikap jujur, bertanggungjawab, disiplin dan toleransi. Pembiasaan hidup bersih dan sehat. Serta pembiasaan berliterasi.

Full Day School atau disingkat FDS merupakan bagian dari madrasah, yang memiliki waktu belajar lebih lama setiap harinya yaitu sehari full, dan merupakan salah satu bentuk pendidikan yang mulai diminati oleh masyarakat. Full Day School membekali siswa-siswinya dengan pengetahuan, ketrampilan dan penanaman karakter  religius. Faktor yang mendukung dalam pendidikan Karakter  religius adalah harapan orang tua siswa, komitmen bersama semua warga madrasah, serta fasilitas. Faktor penghambat manajemen pendidikan karakter religius di Full Day School MTsN 3 Cilacap adalah adanya perbedaan latar belakang peserta didik, kurangnya kesadaran peserta didik, lingkungan dan faktor pergaulan peserta didik.

Kata Kunci: Manajemen pendidikan Karakter religius  , Kelas FDS

 

Published

2023-05-10