Manajemen Program Unggulan Meningkatkan Mutu Sekolah

Authors

  • Ersintha Sapta Puspita UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

manajemen program unggulan, mutu sekolah

Abstract

Abstract

Manajemen program unggulan merupakan bentuk pengelolaan terhadap suatu program yang diimplementasikan sebagai wadah atau sarana bagi siswa yang      memiliki kompetensi lebih unggul. Dengan tujuan untuk mengembangkan potensi  menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa, agar memiliki kualitas yang lebih baik. Sehingga madrasah dapat melahirkan output bermutu yang mampu bersaing di era globalisasi ini. Manajemen program unggulan      adalah suatu upaya yang dituangkan melalui planning, organizing, actuating, controlling yang dilakukan oleh madrasah dalam memberikan fasilitas terbaik bagi siswa sebagai bagian dari perwujudan visi, misi, dan tujuan madrasah.Dalam mencapai tujuan penelitian ini, Peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama (Hadi, 1995: 3). Studi Pustaka menurut Nazir  adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaah terhadap buku-buku, literatur- literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang memiliki hubungan dengan permasalahan yang akan diselesaikan.

Hasil penelaahan  ini menunjukkan bahwa (1) konsep program unggulan di  dilakukan dengan memberikan pelatihan khusus untuk para pendidik guna meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Adanya program unggulan yang direncanakan juga menyesuaikan dengan latar belakang dari masing- masing siswa yang memiliki kompetensi lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang lain. Perencanaan demikian juga merupakan suatu bentuk perwujudan dari amanah yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 12 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa setiap peserta didik pada setiap     satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. (2) implementasi program unggulan dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi penggunaan sistem UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) dan pengelompokkan kelas antara siswa yang mengikuti   program unggulan dengan siswa reguler, sehingga masing-masing siswa dapat menyesuaikan diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Adanya siswa program unggulan yang memiliki potensi belajar lebih cepat dan unggul dibandingkan dengan siswa reguler. (3) Hasil dari manajemen program unggulan yang signifikan yaitu prestasi siswa yang semakin meningkat dan madrasah mampu menghasilkan output siswa yang bermutu atau memiliki kualitas yang baik.

Keywords: Manajemen Program Unggulan, Mutu Sekolah

Abstrak

Superior program management is a form of management of a program that is implemented as a forum or facility for students who have superior competencies. With the aim of developing potential according to the abilities possessed by each student, so that they have better quality. So that madrasas can produce quality output that is able to compete in this era of globalization. Superior program management is an effort outlined through planning, organizing, actuating, controlling carried out by the madrasah in providing the best facilities for students as part of realizing the vision, mission and goals of the madrasah. In achieving the objectives of this research, the researcher used qualitative research which is of a nature library research which uses books and other literature as the main object (Hadi, 1995: 3). According to Nazir, literature study is a data collection technique by conducting review studies of books, literature, notes and reports that are related to the problem to be solved.

The results of this study show that (1) the concept of superior programs is carried out by providing special training for educators to improve their competencies. The planned superior program also adapts to the background of each student who has superior competencies compared to other students. Such planning is also a form of manifestation of the mandate stipulated by Law Number 20 of 2003 Article 12 Paragraph 1 concerning the National Education System, that every student in every educational unit has the right to receive educational services according to their talents, interests and abilities. (2) implementation of superior programs in improving the quality of learning includes the use of the UKBM (Independent Learning Activity Unit) system and class grouping between students who take part in superior programs and regular students, so that each student can adapt to their abilities. There are superior program students who have the potential to learn faster and superiorly compared to regular students. (3) The results of superior program management are significant, namely increasing student achievement and madrasahs being able to produce student output that is high quality or of good quality.

           

Keywords: Superior Program Management, School Quality

 

Published

2023-05-10