Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Mengembangkan Motivasi Belajar melalui Kajian Al-Qur'an

Authors

  • Tunah Tunah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

mengembangkan motivasi, kajian al-quran

Abstract

Abstract

Pengalaman terbaik ini berawal dari kegiatan rutinitas KKG (Kelompok Kerja Guru) Pendidikan Agama Islam Kecamatan Binangun yang dilaksanakan satu bulan sekali sejak tahun 2017 . Kegiatan ini terkesan jalan ditempat. Kegiatan yang monoton membuat kebosanan sehingga menurunnya daya tarik untuk aktif di dalamnya. Sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan ruh spiritual kegiatan KKG, maka kegiatan tersebut diawali melalui kajian al-Qur’an. Harapan dari kajian al- Qur’an ini kompetensi religius GPAI di MI se Kecamatan Binangun semakin meningkat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan best practice ini adalah  dengan dikriptif kualitatif dimana data yang diungkapkan dan dijelaskan secara obyektif. Mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam kajian ini adalah Ada empat pembelajaran yang kita tempuh. Pertama membaca dengan tartil diurutkan dari yang pertama kali datang sampai terakhir dengan masing masing dua ayat. Kedua menguarikan hukum bacaan pada ayat terakhir. Ketiga mengartika perkata menuju per ayat kemudian mengeplosari isi kandungan dari ayat terahkir. Keempat dengan cara dibaca tilawah.Tilawah  yaitu  membaca Al Qur’an dengan menggunakan tujuh macam-macam lagu,lagu-lagu tersebut antara lain  : Bayati,Shoba,Hijaz ,Nahawand,Rost,Jiharkah,dan Sikah. Hasil yang dapat dimafaatkan dari kajian al-Qur’an tersebut guru aktif hadir dan semakin lancar dalam membaca mengartikan arti perkata per ayat dan mampu menggali isi kandungannya. Langkah seperti ini juga ditiru oleh guru ketika melaksakan KBM di kelas. Mereka para guru mengakui efektifitas dan mampu menambah kompetensi religius sebagai guru PAI.

Kata Kunci: Mengembangkan Motivasi, Kajian al-Qur’an.

Abstrak

This best experience started from the routine activities of the Binangun District Islamic Religious Education Teacher Working Group (KKG) which has been held once a month since 2017. This activity seems to be running in place. Monotonous activities create boredom so that the attraction to being active in them decreases. As an effort to develop the spiritual spirit of KKG activities, these activities began with the study of the Koran. It is hoped that from this study of the Qur'an, the religious competence of GPAI in MI throughout Binangun District will increase. The method used in this best practice activity is qualitative descriptive where data is expressed and explained objectively. Regarding the steps taken in this study, there are four lessons that we took. First, read the tartil in order from first to last with two verses each. The second expounds the law of reading in the last verse. Third, interpret the words leading up to each verse, then explore the contents of the last verse. Fourth, by reading recitations. Tilawah is reading the Qur'an using seven kinds of songs, these songs include: Bayati, Shoba, Hijaz, Nahawand, Rost, Jiharkah, and Sikah. The results that can be utilized from the study of the Koran are that teachers are actively present and become more fluent in reading, interpreting the meaning of word by verse and being able to explore its contents. Teachers also imitate steps like this when implementing teaching and learning activities in class. The teachers acknowledged their effectiveness and were able to increase their religious competence as PAI teachers.

Keywords: Developing Motivation, Study of the Koran.

Published

2023-05-10