Strategi Hubungan Masyarakat pada Lembaga Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Ketertarikan Peserta Didik Baru

Authors

  • Eko Bayuningsih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

strategi, hubungan masyarakat, ketertarikan peserta didik

Abstract

Abstract

The background of this research is due to increasingly tight competition between educational institutions. In attracting new students, a public relations strategy is needed. Public relations plays a very important role in determining the progress of educational institutions. The existence of educational institutions greatly influences public trust in educational institutions. The purpose of this study was to determine the extent to which the public relations strategy in Islamic educational institutions increased the interest of new students. This research is a type of research in the form of a field study (Field Study) with qualitative. Field study is a data collection technique by conducting studies of reviewing books, journals, literature studies, field notes, and reports that have a relationship with the problem being solved. Field studies are related to theoretical studies and several references that cannot be separated from scientific literature. Data collection techniques used in this field research are interviews, observation, and documentation. The research informants consisted of principals, school waka and students. Then the data that has been collected is then analyzed by the author using inductive data analysis techniques, namely recording, organizing data and coding. While the data analysis technique used in this study using the content analysis method. This is done to prevent mistakes or minimize the occurrence of errors in research. So this is done by checking between libraries and re-reading the literature. The results of the study that based on discussions and findings indicate that 1) Public relations strategies play a very important role in increasing the interest of new students. 2) The role of public relations in this case is very much needed in maintaining the existence of Islamic educational institutions.

Keywords: Strategy;  Public Relations;  Students Interest

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kondisi persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat. Dalam menarik peserta didik baru diperlukan strategi hubungan masyarakat. Humas sangatlah berperan dalam menentukan kemajuan lembaga pendidikan. Eksistensi lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana strategi hubungan masyarakat dalam lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan ketertarikan peserta didik baru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang berupa study lapangan (Field Study) dengan kualitatif. Studi lapangan merupakan tehnik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan buku, jurnal, studi literatur, catatan-catatan lapangan,  dan  laporan-laporan  yang memiliki hubungan dengan masalah yang dipecahkan. Studi lapangan berkaitan dengan kajian teoritis dan beberapa referensi yang tidak akan lepas  dari  literatur-literatur  ilmiah. Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  lapangan   ini  adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas Kepsek dan waka sekolah.  Kemudian data yang telah terkumpul kemudian dianalisis oleh penulis dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif yaitu melakukan pencatatan, pengorganisasian data dan pengkodean. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode  analisis  isi.  Hal  tersebut  dilakukan  untuk  menjaga  kekeliruan  atau  meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penelitian.sehingga dilakukan dengan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian  bahwa berdasarkan diskusi dan temuan- temuan yang mengindikasikan bahwa 1) Strategi humas sangat berperan dalam meningkatkan ketertarikan peserta didik baru. 2) Peran humas dalam hal ini adalah sangat dibutuhkan dalam menjaga eksistensi lembaga pendidikan Islam.

Kata Kunci: Strategi;  Hubungan Masyarakat;  Ketertarikan Peserta didik

 

Published

2023-05-10