Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Nilai Produk UMKM Desa Wonoharjo

Authors

  • Arzeta Galuh Alviansyah UIN Saizu Purwokerto
  • Balqis Annisa Furi UIN Saizu Purwokerto
  • Dwi Wahyuni UIN Saizu Purwokerto
  • Ervin Haris Sanjaya UIN Saizu Purwokerto
  • Fikri Utami UIN Saizu Purwokerto
  • Naufal Miftakhul Ilmi UIN Saizu Purwokerto
  • Nurul Destri Gustiani UIN Saizu Purwokerto
  • Ramdan Rizal Effendi UIN Saizu Purwokerto
  • Ulil Ngismah UIN Saizu Purwokerto
  • Affaf Mujahidah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, UMKM, Desa Wonoharjo

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu wilayah. Sederhananya adalah pemberdayaan masyarakat berperan sebagai strategi yang digunakan untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dan mengurangi ketertinggalan dalam berbagai hal. Untuk itu kami mahasiswa KKN 53 kelompok 4 Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto membuat program unggulan yang nantinya dapat memberikan wawasan dalam mengenali potensi yang dimiliki oleh Desa Wonoharjo. Program kerjanya yaitu Workshop Kewirausahaan dan Pelatihan Desain Grafis. Tujuan dari dilakukannya ke dua program tersebut adalah untuk meningkatkan nilaibrandingpada produk UMKM dan peningkatan nilai produk. Metode yang kami gunakan dalam melaksanakan program kerja yaitu dengan metode ABCD (Asset Based Community Development). Hasil dari penggunaan metode ABCD yang kami lakukan adalah kami menemukan berbagai jenis UMKM dan potensi yang ada di Desa Wonoharjo.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Alviansyah, A. G., Furi, B. A., Wahyuni, D., Sanjaya, E. H., Utami, F., Ilmi, N. M., Gustiani, N. D., Effendi, R. R., Ngismah, U., & Mujahidah, A. (2024). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Nilai Produk UMKM Desa Wonoharjo. Kampelmas, 3(1), 19–26. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/1052

Most read articles by the same author(s)