Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Nilai Produk UMKM Desa Wonoharjo
Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, UMKM, Desa WonoharjoAbstract
Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu wilayah. Sederhananya adalah pemberdayaan masyarakat berperan sebagai strategi yang digunakan untuk mewujudkan kemandirian masyarakat dan mengurangi ketertinggalan dalam berbagai hal. Untuk itu kami mahasiswa KKN 53 kelompok 4 Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto membuat program unggulan yang nantinya dapat memberikan wawasan dalam mengenali potensi yang dimiliki oleh Desa Wonoharjo. Program kerjanya yaitu Workshop Kewirausahaan dan Pelatihan Desain Grafis. Tujuan dari dilakukannya ke dua program tersebut adalah untuk meningkatkan nilaibrandingpada produk UMKM dan peningkatan nilai produk. Metode yang kami gunakan dalam melaksanakan program kerja yaitu dengan metode ABCD (Asset Based Community Development). Hasil dari penggunaan metode ABCD yang kami lakukan adalah kami menemukan berbagai jenis UMKM dan potensi yang ada di Desa Wonoharjo.