Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kreatif dan Inovatif Dengan Pemasaran Produk UMKM Menggunakan Digital Marketing di Desa Kecitran

Authors

  • Adi Rizky Alfarih UIN Saizu Purwokerto
  • Fiki Juniawan UIN Saizu Purwokerto
  • Maulidha Safitri UIN Saizu Purwokerto
  • Muhammad Zidan Al Farisyi UIN Saizu Purwokerto
  • Ade Puji Lestari UIN Saizu Purwokerto
  • Sesa Rosdiana UIN Saizu Purwokerto
  • Adriansyah Subekti UIN Saizu Purwokerto
  • Wulan Nur Khafsah UIN Saizu Purwokerto
  • Indah Rahmawati UIN Saizu Purwokerto
  • Akhdaan Daffa Purinda UIN Saizu Purwokerto
  • Dwi Safitri UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Merek

Abstract

Perkembangan teknologi menghasilkan sarana yang semakin canggih, yang dapat digunakan sebagai media dalam pengembangan usaha bisnis berorientasi pada peningkatan ekonomi dan kepuasan pelanggan. Salah satu bentuk integrasi teknologi tersebut adalah dalam praktik pemasaran menggunakan strategi digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis UMKM untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah ABCD (Asset Based Community Development) dengan menggunakan potensi atau kekayaan yang dimiliki masyarakat dapat digunakan sebagai senjata pamungkas untuk melakukan program pemberdayaan penelitian melibatkan wawancara dan survei terhadap sejumlah UMKM. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil diskusi menyatakan bahwa integrasi strategi digital marketing dalam sebuah bisnis memerlukan analisa faktor internal dan eksternal untuk menentukan strategi digital marketing yang paling tepat. Strategi tersebut pada intinya merupakan bentuk pemasaran yang menekankan komunikasi merek untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga pemasukan dari penjual. Secara teoretis, strategi digital marketing tidak hanya dapat mempengaruhi peningkatan ekonomi dari penjual namun dapat juga menyebabkan meningkatnya kepercayaan merek dan loyalitas merek.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Alfarih, A. R., Juniawan, F., Safitri, M., Al Farisyi, M. Z., Lestari, A. P., Rosdiana, S., Subekti, A., Khafsah, W. N., Rahmawati, I., Purinda, A. D., & Safitri, D. (2024). Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kreatif dan Inovatif Dengan Pemasaran Produk UMKM Menggunakan Digital Marketing di Desa Kecitran. Kampelmas, 3(1), 113–125. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/1060