Strategi Sosial Media Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Produk UMKM di Desa Ragatunjung

Authors

  • Nur Khafidatun Nisa UIN Saizu Purwokerto
  • Agung Syafa'at UIN Saizu Purwokerto
  • Wanda Rachma Yunita UIN Saizu Purwokerto
  • Ilham Nur Ikmal UIN Saizu Purwokerto
  • Anggi Mugi Utami UIN Saizu Purwokerto
  • Alvia Putri Nurlaeli UIN Saizu Purwokerto
  • Dede Ikhsan Fauzi UIN Saizu Purwokerto
  • Mufid Mausul UIN Saizu Purwokerto
  • Syarifudin Nur Hidayat UIN Saizu Purwokerto
  • Zahra Baithi Ramadhani UIN Saizu Purwokerto
  • Yulia Hanifah UIN Saizu Purwokerto
  • Tarto Tarto UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Desa Ragatunjung, UMKM, Sosial Media Marketing

Abstract

Desa Ragatunjung memiliki potensi hasil produk UMKM yang melimpah. Namun potensi ini belum sepenuhnya dapat diberdayakan. Di Desa Ragatunjung, banyak masyarakatnya belum terbiasa menggunakan aplikasi digital marketing karena terdapat bebagai hambatan. Pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan pelatihan dan pendampingan dalam digital marketing, khususnya penggunaan media sosial, kepada pelaku UMKM di Desa Ragatunjung. Tujuan utamanya untuk meningkatkan pemahaman ketrampilan mereka dalam memanfaatkan tegnologi digital untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk. Metode yang digunakan adalah ABCD dan tahapan-tahapan sebagai berikut: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pasca pelaksanaan. Kegiatan program kerja in i dilaksanakan pada Tanggal 8 Januari sampai dengan 16 Februari tahun 2024, yaitu berupa kegiatan: pendidikan,pelatihan dan pendampingan digital marketing. Beberapa manfaat praktis yang diharapkan dari pelaksanaan program kerja ini, antara lain: (1) masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan jelas tentang hakekat digital marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif; (2) para pelaku UMKM dapat menyusun strategi digital marketing untuk produk industri kreatif melalui pemanfaatan media sosial dan digital; (3) masyarakat dapat mengakses peluang-peluang pengembangan usaha mereka melalui digital marketing yang dapat mendatangkan nilai finansial. Setelah mengikuti pelatihan ini, partisipan UMKM di Desa Ragatunjung mampu membuat dan mengolah media sosial untuk mereka sendiri serta mengimplementasikan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nisa, N. K., Syafa’at, A., Yunita, W. R., Ikmal, I. N., Utami, A. M., Nurlaeli, A. P., Fauzi, D. I., Mausul, M., Hidayat, S. N., Ramadhani, Z. B., Hanifah, Y., & Tarto, T. (2024). Strategi Sosial Media Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Produk UMKM di Desa Ragatunjung. Kampelmas, 3(1), 409–424. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/1091