Branding Produk UMKM Ondol : Solusi Inovatif Untuk Optimalisasi Masyarakat Desa Purwasaba

Authors

  • Anisatun Istiqomah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muhammad Bintang Al Fauzan UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Alfiyah Mutmainnah
  • Ismatun Nihayah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Agus Husein Assabiq UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Ekonomi, Pencitraan Merek, UMKM, Ondol

Abstract

Ekonomi memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang memajukan sumber daya desa. Di Desa Purwasaba, UMKM Ondol memiliki potensi yang belum dioptimalkan dengan baik. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Ondol meliputi kurangnya akses pasar, pemasaran konvensional, kemasan sederhana, ketiadaan merek (brand), minimnya variasi produk dan kurangnya jiwa penerus usaha ondol. Untuk mengatasi permasalahan ini, pengabdianbertujuan untuk menganalisis potensi dan kendala UMKM Ondol dari lingkungan serta optimalisasi branding dan penerus usaha melalui sosialisasi dan pendampingan. Pengabdianini menggunakan metode analisis ABCD (Asset Based Community Development) terhadap UMKM Ondol, mentoring, pendampingan branding serta variasi produk. Hasil dari pengabdianini menjunjukkan bahwa pendampingan berkontribusi pada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan UMKM Ondol di Desa Purwasaba.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Istiqomah, A., Al Fauzan, M. B., Mutmainnah, A., Nihayah, I., & Assabiq, A. H. (2024). Branding Produk UMKM Ondol : Solusi Inovatif Untuk Optimalisasi Masyarakat Desa Purwasaba. Kampelmas, 3(2), 749–758. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/1278