Strategi Pemasaran Gula Merah Industri Rumah Tangga (Studi Kasus : Usaha Gula Kelapa Pak Maskun, Dusun Candi, Desa Candirenggo)

Authors

  • Fitrothul Khusna UIN Saizu Purwokerto
  • Sevi Rahmawati UIN Saizu Purwokerto
  • Meilina Istanti UIN Saizu Purwokerto
  • Aziz Kurniawan UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

strategi pemasaran, gula merah, industri

Abstract

Indonesia meruakan negara agraris yang mayoritas lahanya merupakan lahan pertanian dan perkebunan. Salah satunya Desa Candirenggo yang sebagian wilayahnya ditanami pohon kelapa, sehingga mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani gula merah dari kelapa. Salah satunya adalah home industry milik Bapak Maskun yang memproduksi gula merah dan dipasarkan di Desa Kebumen dan sekitarnya. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan aspek pemasaran yang dilakukan oleh Pak Maskun sehingga usahanya itu dapat bertahan sampai saat ini. Dari pengabdian masyarakat ini dapat diketahui bahwasanya dalam memasarkan gula merah Pak Maskun menggunakan Startegi WOM (Word Of Mouth), Dengan cara strategi ini Gula Merah Pak Maskun yang awalnya hanya dikenal dan dipasarkan di dusun Candirenggo, kini seiring berjalanya waktu telah di pasarkan di kecamatan Ayah sampai dengan Kabupaten Kebumen. Pak Maskun ini belum berani untuk memasarkanya lebih jauh lagi dikarenakan keterbatasan sumber daya alam pohon kelapa.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Fitrothul Khusna, Sevi Rahmawati, Meilina Istanti, & Aziz Kurniawan. (2023). Strategi Pemasaran Gula Merah Industri Rumah Tangga (Studi Kasus : Usaha Gula Kelapa Pak Maskun, Dusun Candi, Desa Candirenggo). Kampelmas, 1(1), 177–187. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/41