Strategi Pemasaran Gula Merah Industri Rumah Tangga (Studi Kasus : Usaha Gula Kelapa Pak Maskun, Dusun Candi, Desa Candirenggo)
Keywords:
strategi pemasaran, gula merah, industriAbstract
Indonesia meruakan negara agraris yang mayoritas lahanya merupakan lahan pertanian dan perkebunan. Salah satunya Desa Candirenggo yang sebagian wilayahnya ditanami pohon kelapa, sehingga mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani gula merah dari kelapa. Salah satunya adalah home industry milik Bapak Maskun yang memproduksi gula merah dan dipasarkan di Desa Kebumen dan sekitarnya. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan aspek pemasaran yang dilakukan oleh Pak Maskun sehingga usahanya itu dapat bertahan sampai saat ini. Dari pengabdian masyarakat ini dapat diketahui bahwasanya dalam memasarkan gula merah Pak Maskun menggunakan Startegi WOM (Word Of Mouth), Dengan cara strategi ini Gula Merah Pak Maskun yang awalnya hanya dikenal dan dipasarkan di dusun Candirenggo, kini seiring berjalanya waktu telah di pasarkan di kecamatan Ayah sampai dengan Kabupaten Kebumen. Pak Maskun ini belum berani untuk memasarkanya lebih jauh lagi dikarenakan keterbatasan sumber daya alam pohon kelapa.