Pemanfaatan Media Sosial Untuk Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Rengginang Singkong di Desa Karangpule

Authors

  • Ajeng Setiaputri Hukum Tata Negara, Fakultas syariah, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Bela Sagita Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Saizu Purwokerto
  • Rezky Afrian Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Teknologi, Pemasaran DIgital, UMKM, Rengginang Singkong

Abstract

Pesatnya kemajuan dunia teknologi dan informasi, hal tersebut menjadikan internet sebagai media komunikasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga mengakibatkan perubahan komunikasi konvensional menjadi modern dan menjadi serba digital. Dengan kemajuan teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam bidang pemasaran dengan biaya promosi rendah dengan hasil yang lebih menguntungkan. Dengan banyaknya platform yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah instagram. Banyaknya pengguna instagram menjadikan platform ini semakin berfungsin untuk ladang berbisis (promosi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak dari pengoptimalan Digital Marketing Terhadap Penyebaran Produk dan peningkatan nilai Penjualan Produk bagi Pelaku UMKM Rengginang Singkong di desa Karangpule Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Dari Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelaksanaan Program Digital Marketing UMKM dapat terealisasi dengan baik, Mulai dari permohonan kerjasama antara Mitra dengan Pihak KKN Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto. Kemudian Membantu dalam Pembaharuan Label Produk dan Menyebarluaskan Produk UMKM yaitu Rengginang Singkong menggunakan Pamflate yang diunggah melalui Instragram Kelompok 100 UIN SAIZU Purwokerto @kkn50_ karangpule.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ajeng Setiaputri, Bela Sagita, & Rezky Afrian. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan UMKM Rengginang Singkong di Desa Karangpule. Kampelmas, 1(2), 813–822. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/572