Pelatihan Tahsin Al Qur’an Bagi Guru TPQ Menggunakan Metode Utrujah di Desa Gambarsari Kecamatan Kebasen

Authors

  • Alfah Sumah Nijabah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dewi Efita Sari UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dyah Ayu Palupi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fadila Dwi Handayani UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Khusnul Khotimah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muhammad Ibnu Ashal UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Rizki Retno Inggiani UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Sella Mariskha UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Syarif Hidayat UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Zenita Eka Pradani UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Waliko Waliko UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Tahsin, Metode Utrujah, Desa Gambarsari

Abstract

Ilmu yang paling penting dalam mempelajari Al-Qur’an salah satunya yaitu Tahsin. Tahsin yaitu suatu metode dalam membaca dan melantunkan ayat suci Al-Qur’an yang baik baik dan benar berdasarkan ilmu tajwid. Problematika ketika mempelajari Al-Qur’an seringkali disebabkan oleh adanya rasa bosan dan tidak ada gejolak semangat yang membara. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, perlu dilakukannya perubahan metode dalam belajar AlQur’an sehingga muncul beberapa cara dalam mempelajari Al-Qur’an salah satunya yitu metode utrujah yang dimana memfokuskan peserta didik pada pengenalan huruf hijaiyah dengan cara mengacak huruf yang mirip sampai huruf yang hampir mirip. N Pembahasan artikel kali ini tentang “Pelatihan Tahsin Al-Qur’an.. Bagi Guru TPQ di Desa Gambarsari Menggunakan Metode Utrujah”. Field research atau yang biasa di sebut dengan penelitian lapangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini sehingga pendekatannya berupa kualitatif serta metode deskriptif. Adapun data yang diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tringulasi. Hasil dari penilitian ini yaitu bahwa diadakannya pelatihan tahsin Al Qur’an bagi guru TPQ menggunakan metode utrujah yang ada di Desa Gambarsari mampu terlaksana dengan baik. Metode ini sangat memudahkan para guru TPQ dalam proses pembelajaran, karena dengan adanya metode ini, anak-anak menjadi lebih cepat memahami dan menghafal huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Untuk itu, tahsin sebagai suatu kegiatan yang terprogram di TPQ mendapat perhatian lebih dari guru dengan cara pendamping kepada anak-anak, khususnya anak-anak kelas 1, karena selain menghafal, hal yang paling utama atau terpenting bagi anak-anak adalah perbaikan bacaan, makharijul huruf, dan kefasihan dalam membaca Al-Qur’an sehingga pembelajaran pelafalan huruf-huruf hijaiyah di TPQ dilakukan setiap hari dan sehingga dapat dilafalkan dengan baik dan benar oleh anak-anak TPQ.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nijabah, A. S., Dewi Efita Sari, Dyah Ayu Palupi, Fadila Dwi Handayani, Khusnul Khotimah, Muhammad Ibnu Ashal, Rizki Retno Inggiani, Sella Mariskha, Syarif Hidayat, Zenita Eka Pradani, & Waliko, W. (2023). Pelatihan Tahsin Al Qur’an Bagi Guru TPQ Menggunakan Metode Utrujah di Desa Gambarsari Kecamatan Kebasen. Kampelmas, 2(2), 589–603. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/938