Pelatihan Inovasi Kemasan dan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Produk Olahan Kentang di Desa Batur Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara

Authors

  • Dewi Saputri UIN Saizu Purwokerto
  • Sulasih UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

nilai tambah, inovasi kemasan, media sosial

Abstract

Desa Batur terletak di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Di desa ini terdapat banyak tanaman kentang yang tumbuh di kebun. Sebagian masyarakat desa menggunakan kentang untuk diolah menjadi makanan yang bernilai jual tinggi. Produksi olahan kentang oleh masyarakat Batur dilakukan secara individu di rumahnya masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk olahan kentang melalui inovasi kemasan dan pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran. Metode yang digunakan ada tiga yang pertama sosialisasi dan diskusi tentang kentang, kandungan gizi kentang, dan manfaat kentang untuk kesehatan, kedua memberikan pelatihan pengemasan dan pelabelan pada produk olahan kentang, dan ketiga memberikan pelatihan pemasaran produk olahan kentang melalui media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan lancar dan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat di Desa Batur dapat meningkatkan nilai tambah produk olahan kentang melalui inovasi kemasan dan pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran di Desa Batur, Kecamatan Batur.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Dewi Saputri, & Sulasih. (2020). Pelatihan Inovasi Kemasan dan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Produk Olahan Kentang di Desa Batur Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Kampelmas, 1(1), 497–505. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/63