Optimalisasi Nilai Produk UMKM Desa Binangun Cilacap Melalui Program Sosialisasi dan Pendaftaran Sertifikasi Halal
Keywords:
Optimalisasi, Produk, UMKM, Sertifikasi HalalAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan perusahaan dengan modal kecil yang memproduksi hasil olahannya sendiri. Makanan dan minuman menjadi tren dunia yang akan terus mengalami perkembangan yang lebih bervariatif lagi. Namun, sampai sekarang ini masih banyak UMKM yang belum mendaftarkan usaha nya pada sertifikasi halal. Hal tersebut disebabkan karena minimnya informasi tentang pendaftarannya dan juga keterbatasan biaya yang cukup mahal. Padahal sertifikasi halal merupakan syarat utama sebuah produk bisa diperjual belikan. Adapun tujuan dari penelitian ini secara lebih khusus yaitu : 1) Untuk mendata dan mengidentifikasi pemilik produk UMKM yang ada di desa Binangun, 3) Untuk memberikan informasi serta ajakan pendaftaran sertifikasi halal secara gratis, 4) Untuk meningkatkan kualitas nilai produk hasil olahan UMKM . Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat dimana berfokus pada inventarisasi yang terdapat di dalam masyarakat desa Binangun. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan dampak positif dan kebermanfaatan bagi para pelaku UMKM guna untuk mengoptimalkan nilai jual produk hasil olahan UMKM.