Pendampingan Pemetaan Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Menggunakan Analisis SWOT di Desa Pakuncen Kabupaten Purbalingga

Authors

  • Afis Sahaya UIN Saizu Purwokerto
  • Fitria Zana Kumala UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Pemasaran, Manajemen, Analisis SWOT, Faktor Internal

Abstract

Usaha kecil dan menengah (UKM) saat ini berada dalam situasi yang sangat sulit di tengah kondisi bisnis yang berubah dan persaingan usaha yang semakin ketat di tingkat nasional maupun internasional. UKM perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah terutama sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu nya berdampak terhadap UKM yang ada di Desa Pakuncen, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga dimana terdapat permasalahan yang ada pada UKM di Desa Pakuncen tersebut seperti pemasaran produk UKM yang jangkauannya belum cukup luas, sehingga diperlukan upaya untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat salah satunya menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan alternatif yang baik untuk membantu UKM menentukan strategi pemasaran dan mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis khususnya pada UKM di Desa Pakuncen, Kabupaten Purbalingga. Hal ini memungkinkan analisis SWOT untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan yang merupakan bagian dari faktor internal UKM. Hasil pendampingan ini menghasilkan empat strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pelaku UKM Desa Pakuncen Purbalingga agar UKM menjadi lebih kompetitif antara lain: inovasi, penciptaan fitur produk, dan strategi UKM untuk menggunakan teknologi sebagai media periklanan dan penjualan. Dalam strategi pemasaran, para pelaku UKM di Desa Pakuncen harus selalu memperhatikan keinginan mereka untuk menguasai pangsa pasar. Konsumen yang menuntut agar pelaku UKM terus berinovasi dari segi nilai produk juga perlu diwaspadai. Produk yang diproduksi oleh UKM Desa Pakuncen harus memiliki nilai unik dan harus dilindungi dengan menciptakan merek sendiri. Strategi promosi produk juga menjadi sangat penting guna sebagai branding dalam menyebarkan produk baik di dalam wilayah maupun di luar wilayah tempat produksi dan produk yang dihasilkan juga harus dikemas dengan cara yang inovatif sehingga UKM di Desa Pakuncen dapat maju dan memiliki daya saing yang tinggi.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Afis Sahaya, & Fitria Zana Kumala. (2020). Pendampingan Pemetaan Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Menggunakan Analisis SWOT di Desa Pakuncen Kabupaten Purbalingga. Kampelmas, 1(1), 489–496. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/62