Proses P3 (Penguatan, Pengolahan, Dan Pemasaran Home In Product Sebagai Sinergitas Eksistensi Bumdes Dan Pelaku UMKM Desa Adimulya
Keywords:
BUMDes, Pemasaran, e-commerceAbstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat, terutama dalam hal penguasaan aplikasi teknologi sistem informasi e-commerce. Perkembangan teknologi sistem informasi e-commerce yang semakin pesat tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan khususnya bagi kegiatan produktivitas BUMDES dalam memasarkan hasil produknya. Desa Adimulya merupakan salah satu desa yang mengembangkan BUMDES dan sudah melakukan bisnis di bidang pertanian seperti penjualan pupuk, bibit dan obat-obatan pembasmi hama dan penyakit. Namun, saat ini penjualan yang dilakukan masih secara manual sehingga pemasaran produk masih bersifat lokal atau terbatas pada warga sekitar lingkungan desa saja. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan produktivitas BUMDES Adimulya khususnya dalam hal memasarkan hasil produk secara luas dengan memanfaatkan teknologi dan pemanfaatan pemasaran dengan adanya label BUMDes. Metode pelaksanaan yang dilakukan bersifat partisipatori dimana dalam pengabdian ini masyarakat secara proaktif terlibat langsung dalam melaksanakan kegiatan dengan melibatkan berbagai stakeholder yang bukan hanya dari pihak tim dan kelompok BUMDES, tetapi melibatkan pihak akademisi lainnya dari Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto seperti mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Desa Adimulya dalam menyelesaikan prioritas permasalahan pada tidak berkembangnya UMKM secara pesat dan tidak ada dukungan maksimal dari desa. Hal ini dilakukan agar tercapai tujuan dan sasaran pada program yang akan dilaksanakan. Pengabdian ini telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain pengolahan NIB pada produk UMKM, penguatan sistem kepada pemilik UMKM, penyuluhan model pemasaran Penjualan Online, dan penyuluhan pemaparan Sistem Pemasaran.