Pemberdayaan Pelaku Home Industry Dalam Persaingan Marketing Era Digital Di Desa Adimulya
Keywords:
pemberdayaan, home industry, marketing, digitalAbstract
Seiring berkembangnya era digital menuntut banyak jaringan masyarakat untuk ikut serta dalam semua aspek kehidupan termasuk salah satunya aspek ekonomi. Adimulya merupakan desa di wilayah Kecamatan Wanareja yang memiliki banyak aset yang mampu dikembangkan agar desa tersebut semakin maju. Salah satu aset yang dapat dikembangkan adalah aset UMKM yang terdiri dari para pelaku home industry. Sayangnya di era digital seperti sekarang ini, para pelaku home industry belum mempu menguasai teknologi digital untuk memasarkan produk dagangannya. Alasan utama hal ini adalah karena banyaknya pelaku home industry yang gagap akan teknologi. Untuk mengatasi hal ini para Mahasiswa KKN UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang ditempatkan di Desa Adimulya berinisiatif melakukan sosialisasi terkait pemberdayaan para pelaku home industry di era digital agar mampu bersaing di dunia bisnis. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat pelaku home industry dapat memiliki kemampuan dalam memasarkan produk melalui gadget yang diharapkan akan dapat meningkatkan penjualan pelaku home industry. Metode yang dilakukan dengan menggunakan metode ABCD yaitu, discovery, dream, design, define, dan desnity. Selain itu sumber-sumber informasi juga didapatkan dari data-data desa Adimulya melalui wawancara, observasi, survei, buku-buku, jurnal serta sumber referensi lainnya.