Pemanfaatan Potensi Desa: Pembuatan Kreatif Asinan Jambu Kristal Dan Branding Produk

Authors

  • Chatelya Zahra Nur Afifah UIN Saizu Purwokerto
  • Deeva Firdaus Irfanda UIN Saizu Purwokerto
  • Helin Febrian Budi UIN Saizu Purwokerto
  • Muhammad Fahmi Asyhari UIN Saizu Purwokerto
  • Eva Fatihatun Nikmah UIN Saizu Purwokerto
  • Rifatul Muazaroh UIN Saizu Purwokerto
  • Fika Umul Muliyanti UIN Saizu Purwokerto
  • Rizqi Amalya Solikhah UIN Saizu Purwokerto
  • Nuita Alifia Hasanah UIN Saizu Purwokerto
  • Lutfiani Nada Karlina UIN Saizu Purwokerto
  • Munawir UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

potensi desa, asinan jambu kristal, branding produk

Abstract

jambu kristal merupakan salah satu aset atau potensi yang dimiliki oleh Desa Madura Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Di antara tujuh dusun yang ada, Dusun Margasari dan Karangsari merupakan penghasil buah jambu kristal terbanyak di Desa Madura. Jambu kristal apabila dijual secara utuh, yang dalam hal ini maksudnya itu belum diolah, maka akan memiliki nilai jual yang rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu proses pengolahan yang akan merubah jambu kristal menjadi bentuk makanan atau minuman yang pastinya memiliki nilai jual yang lebih. Permasalahannya, hampir seluruh masyarakat Desa Madura menjual jambu kristal tidak melalui proses pengolahan terlebih dahulu sehingga mutu jualnya kurang. Untuk meningkatkan mutu jual sekaligus pemahaman masyarakat, kami mengadakan program kegiatan pelatihan pembuatan asinan jambu kristal yang dilengkapi dengan sosialisasi branding produk. Metode yang digunakan di sini yaitu metode ABCD (Asset Based Community Development). Metode ini lebi berfokus pada penemuan aset atau potensi desa agar digali dan dikembangkan lebih luas lagi. Manfaat kegiatan ini yaitu bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan jambu kristal dan branding produk serta bertambahnya keterampilan membuat asinan jambu kristal.

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Chatelya Zahra Nur Afifah, Deeva Firdaus Irfanda, Helin Febrian Budi, Muhammad Fahmi Asyhari, Eva Fatihatun Nikmah, Rifatul Muazaroh, Fika Umul Muliyanti, Rizqi Amalya Solikhah, Nuita Alifia Hasanah, Lutfiani Nada Karlina, & Munawir. (2024). Pemanfaatan Potensi Desa: Pembuatan Kreatif Asinan Jambu Kristal Dan Branding Produk. Kampelmas, 2(2), 881–892. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/976

Most read articles by the same author(s)