Strategi Branding dalam Meningkatkan Ekonomi UMKM Masyarakat Desa Panerusan Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara

Authors

  • Chandra Kusuma Wijaya UIN Saizu Purwokerto
  • Zulfani Larohmah UIN Saizu Purwokerto
  • Annisa Laelatusysyifa Khurotul Aen UIN Saizu Purwokerto
  • Suci Rahayu UIN Saizu Purwokerto
  • Ainun Sukma Anisa Fikria UIN Saizu Purwokerto
  • Ibnu Ikhwanudin UIN Saizu Purwokerto
  • Silviana Putri UIN Saizu Purwokerto
  • Muhammad Firman Rosyadi UIN Saizu Purwokerto
  • Saeful Amri Maulidin UIN Saizu Purwokerto
  • Intan Nur Azizah UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Strategi Branding, UMKM, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat bergantung pada strategi branding untuk memungkinkan ekspansi dan kemajuan finansial mereka. Untuk meningkatkan perekonomian dan daya saing UMKM, penelitian ini akan menyelidiki strategi branding yang berhasil. Dengan menggunakan studi kasus dan tinjauan literatur, penelitian ini menguraikan banyak komponen penting dalam pengembangan strategi branding yang dapat bermanfaat bagi UMKM. Temuan menunjukkan bahwa mengembangkan identitas merek yang kuat, memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran, dan bekerja sama dengan pelaku industri lainnya merupakan elemen penting dalam meningkatkan pengenalan dan persepsi merek UMKM. Selain itu, menerapkan inovasi pada strategi branding dan memanfaatkan teknologi digital sangat penting untuk mengembangkan keunggulan kompetitif. Dalam konteks perekonomian UMKM, strategi branding membantu memperkuat posisi pasar dan menumbuhkan loyalitas konsumen selain meningkatkan penjualan.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Kusuma Wijaya, C., Larohmah, Z., Laelatusysyifa Khurotul Aen, A., Rahayu, S., Sukma Anisa Fikria, A., Ikhwanudin, I., Putri, S., Firman Rosyadi, M., Amri Maulidin, S., & Nur Azizah, I. (2024). Strategi Branding dalam Meningkatkan Ekonomi UMKM Masyarakat Desa Panerusan Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Kampelmas, 3(1), 149–157. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/1064