Strategi Branding dalam Meningkatkan Ekonomi UMKM Masyarakat Desa Panerusan Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara
Keywords:
Strategi Branding, UMKM, Ekonomi MasyarakatAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat bergantung pada strategi branding untuk memungkinkan ekspansi dan kemajuan finansial mereka. Untuk meningkatkan perekonomian dan daya saing UMKM, penelitian ini akan menyelidiki strategi branding yang berhasil. Dengan menggunakan studi kasus dan tinjauan literatur, penelitian ini menguraikan banyak komponen penting dalam pengembangan strategi branding yang dapat bermanfaat bagi UMKM. Temuan menunjukkan bahwa mengembangkan identitas merek yang kuat, memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran, dan bekerja sama dengan pelaku industri lainnya merupakan elemen penting dalam meningkatkan pengenalan dan persepsi merek UMKM. Selain itu, menerapkan inovasi pada strategi branding dan memanfaatkan teknologi digital sangat penting untuk mengembangkan keunggulan kompetitif. Dalam konteks perekonomian UMKM, strategi branding membantu memperkuat posisi pasar dan menumbuhkan loyalitas konsumen selain meningkatkan penjualan.