Digitalisasi UMKM Dalam Rangka Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kedunggede Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas

Authors

  • Fasiha Dwi Lestari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Anisa Rahmadhanis UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Siti Nur F UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Khojiah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Imron Hamzah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

UMKM, Branding Product, Digital Marketing

Abstract

Dunia maya kini tak lagi hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga orang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Teknologi dalam dunia digital dan internet sangat berkontribusi kepada perubahan kegiatan pemasaran dilakukan dimana yang dulunya strategi konvensional (offline) namun kini berubah menjadi digital (online). Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Digital marketing mempermudah usaha mereka dalam proses pemasaran untuk penjualan produk. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memacu perekonomian di tengah perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital (digital marketing) memberikan harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Pelaku UMKM mengkolaborasikan media promosi dan media distribusi berbasis digital untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Saat ini, hampir seluruh usaha UMKM atau bahkan usaha restoran dan makanan cepat saji menggunakan media promosi dan media distribusi berbasis digital marketing. Beberapa usaha yang cenderung ingin bertahan dalam kehidupan offline justru perlahan mengalami kemunduran. Jenis usaha makanan menjadi usaha UMKM yang paling banyak digeluti oleh pelaku UMKM dan bermanfaat untuk pengurangan angka pengangguran di Desa Kedunggede meskipun berasal dari sektor informal yang masih belum tercatat di Badan Pusat Statistik.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fasiha Dwi Lestari, Anisa Rahmadhanis, Siti Nur F, Khojiah, & Imron Hamzah. (2023). Digitalisasi UMKM Dalam Rangka Pemberdayaan Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kedunggede Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Kampelmas, 2(1), 121–127. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/623

Most read articles by the same author(s)