Transformasi Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Untuk Pemberdayaan UMKM di Desa Sridadi
Keywords:
Digital Marketing, Sertifikat Halal, UMKM, Pendekatan ABCDAbstract
Dari sisi UMKM, digital marketing diperlukan untuk memperluas jangkauan pasar secara efektif dan efisien melalui media digital, memungkinkan mereka bersaing di pasar yang lebih luas. Sertifikat halal diperlukan untuk memastikan bahwa produk yang dipasarkan sesuai dengan standar halal, memberikan jaminan kepada konsumen Muslim tentang kehalalan produk, dan meningkatkan kepercayaan serta daya tarik produk di pasar.Tujuan pendampingan pemberdayaan ini adalah melihat berbagai asset yang dimiliki Desa Sridadi untuk dikembangkan sebagai desa mandiri pangan dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat desa tersebut. Untuk metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yang mana merupakan sebuah alternatif pemberdayaan masyarakat dengan mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang ada disekitar desa Sridadi. Dari hasil yang pendampingan yang telah dilaksanakan menghasilkan company profile, NIB, akun untuk digital marketing beserta foto dan video promosi dan sertifikat halal yang masih dalam proses pembuatan.