DISEMINASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PENDAMPINGAN PROSES SERTIFIKASI HALAL DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PADA UMKM DI DESA KEDAWUNG

Authors

  • Afif Fajar Musa
  • Atit Nuraeni
  • Hana Nur Alifah
  • Ifta Syafa Cahyarani,
  • Indah Navisatun Niswan
  • Jazilatul Humayah
  • Juliya Dwi Rahmawati
  • Laela Ulfi
  • Shyntia Ramadhani
  • To’ifatun Ni’mah
  • Safwan Mabrur

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Sertifikasi Halal

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat berpengaruh
bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun
kecil agar dapat dikenal secara global. Digital Marketing adalah salah satu
media pemasaran yang sangat besar memberikan pengaruh. Sertifikasi halal
merupakan suatu proses yang menjadi kebutuhan dalam memenuhi pangsa
pasar yang luas mencakup kebaikan bagi pengusaha perdagangan barang
atau jasa. Tujuan dari kegiatan ini adalah: melakukan pendampingan kegiatan
digital marketing dan sertifikasi halal pada pelaku UMKM di Desa Kedawung
Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dan memastikan keberlangsungan usaha
dari pelaku UMKM di Desa Kedawung Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.
Selain ini kegiatan digital marketing akan meningkatkan penjualan dan laba,
perluasan pangsa pasar, pendalaman loyalitas pelanggan, dan peningkatan
keunggulan kompetitif. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode
ABCD (Asset Based Community Development) yang merupakan pendekatan
yang mengarah pada pemahaman dan internalisasi asset, potensi, kekuatan
dan pendayagunaannya secara mandiri dan maksimal. Tahapan pelaksanaan
kegiatan ini meliputi penyuluhan, diskusi dan bimbingan, dan pendampingan.

Published

2024-03-13

How to Cite

Afif Fajar Musa, Atit Nuraeni, Hana Nur Alifah, Ifta Syafa Cahyarani, Indah Navisatun Niswan, Jazilatul Humayah, Juliya Dwi Rahmawati, Laela Ulfi, Shyntia Ramadhani, To’ifatun Ni’mah, & Safwan Mabrur. (2024). DISEMINASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PENDAMPINGAN PROSES SERTIFIKASI HALAL DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PADA UMKM DI DESA KEDAWUNG. Kampelmas, 2(2). Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/870

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.