PENGEMBANGAN UMKM DESA SIDOMULYO MELALUI SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Dimas Abimanyu
  • Estriana Rahmi Aisyah
  • Martina Larassanti
  • Ma’rifaturrizqi Amalia
  • Ahmad Husein Soleh,
  • Desta Yosa Rahmadani
  • Lia Astriani
  • Alifah Putri
  • Meta Olivia
  • Yuni Isnaeni

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Sertifikasi Halal, Ekonomi, Strategi

Abstract

Era globalisasi merupakan sebuah era persaingan, baik persaingan dalam
bidang sosial budaya, politik, maupun dalam bidang ekonomi. UMKM sebagai
salah satu bentuk usaha dibidang ekonomi memerlukan perhatian khusus,
pasalnya masih banyak pelaku UMKM yang kurang memahami bagaimana
pengelolaan UMKM yang baik sehingga usaha yang mereka miliki kurang
berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan
untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan UMKM melalui sosialisasi
digital marketing dalam rangka meningkatkan pengembangan pemasaran
produk UMKM tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui survey,
diskusi, dan demonstrasi, kemudian dianalisis dengan mengacu pada teori
Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pelaku
UMKM sudah mulai mampu menerapkan strategi pemasaran digital yang
telah disampaikan dalam workshop, misalnya dengan melakukan penandaan lokasi produksi barang yang dijual, sehingga dapat dipasarkan secara online
melalui berbagai aplikasi online shop. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan sosialisasi pasar digital yang telah diadakan, dapat membantu
para pelaku UMKM khususnya dalam hal memasarkan produknya agar lebih
dikenal masyrakat luas.

Published

2024-03-13

How to Cite

Dimas Abimanyu, Estriana Rahmi Aisyah, Martina Larassanti, Ma’rifaturrizqi Amalia, Ahmad Husein Soleh, Desta Yosa Rahmadani, Lia Astriani, Alifah Putri, Meta Olivia, & Yuni Isnaeni. (2024). PENGEMBANGAN UMKM DESA SIDOMULYO MELALUI SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING. Kampelmas, 2(2). Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/876