MEMBENTUK MENTAL AWARENESS POSITIF MELALUI SOSIALISASI MENTAL HEALTH DI SMP N 3 PULOSARI

Authors

  • Alya Fidyah Larasati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Anisa Nur Fadlilah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fikih Gianda Ustianingrum UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Halfa Nida Faatzar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ismi Luluil Muyasyaroh UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mia Agustiawati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muayadah Muayadah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mufithoh Dila Safira UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muh Rojab Mubarok UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Rindang Setyo Kinasih UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Rahman Latif Alfian UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Kesehatan Mental Remaja, Perubahan Sosial

Abstract

Kesehatan mental remaja telah menjadi isu kritis dalam masyarakat
kontemporer, dengan dampak yang signifikan pada kualitas hidup dan
kesejahteraan generasi muda. Kurangnya kesadaran tentang pentingnya
menjaga kesehatan mental dan kurangnya pemahaman tentang cara
mengatasi stres dan tekanan emosional sering kali mengakibatkan masalah
yang serius pada perkembangan remaja. Untuk mengatasi isu ini, penelitian
ini fokus pada pemberdayaan siswa-siswa kelas IX di SMP N 3 Pulosari melalui
program sosialisasi dan pelatihan kesehatan mental. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang kesehatan mental
serta memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk
mengatasi stres dan tekanan emosional. Subjek dampingan dalam penelitian
ini adalah siswa-siswa kelas VII sampai kelas IX di SMP N 3 Pulosari. Penelitian
ini melibatkan aksi berupa sosialisasi tentang pentingnya kesehatan mental,
pelatihan keterampilan mengelola stres, dan pendirian klub “Mental
Awareness” di sekolah. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan
kolaborasi antara pihak sekolah dengan psikolog dan ahli kesehatan mental
dalam penyusunan materi dan pelaksanaan kegiatan. Selain itu, pendekatan
interaktif digunakan dalam penyampaian informasi melalui cerita inspiratif
dan diskusi kelompok. Diharapkan bahwa melalui upaya pemberdayaan ini,
siswa-siswa kelas VII sampai kelas IX akan mampu mengenali dan mengelola
stres dan tekanan emosional dengan lebih baik, serta menyebarkan kesadaran
tentang pentingnya menjaga kesehatan mental di kalangan teman-teman
sebaya mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi
isu kesehatan mental di kalangan remaja dan mendorong perubahan sosial
yang positif dalam lingkungan sekolah

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Larasati, A. F., Fadlilah, A. N., Ustianingrum, F. G., Faatzar, H. N., Muyasyaroh, I. L., Agustiawati, M., Muayadah, M., Safira, M. D., Mubarok, M. R., Kinasih, R. S., & Alfian, R. L. (2023). MEMBENTUK MENTAL AWARENESS POSITIF MELALUI SOSIALISASI MENTAL HEALTH DI SMP N 3 PULOSARI. Kampelmas, 2(2), 1749–1760. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/927

Most read articles by the same author(s)