Sosialisasi Mengembangkan Umkm Di Desa Menganti

Authors

  • Azizain Isfahani UIN Saizu Purwokerto
  • Lutfi Rohmawati UIN Saizu Purwokerto
  • WahyuAstiyaRamadan UIN Saizu Purwokerto
  • Rindi Marita Puspitasari UIN Saizu Purwokerto
  • Firdaus Thoriqul Basith UIN Saizu Purwokerto
  • Musfirotul Khoeriyah Faizul Itsna Lathiifatuzzahra UIN Saizu Purwokerto
  • Dwi Intan Melati Putri UIN Saizu Purwokerto
  • Ilham Alamsyah UIN Saizu Purwokerto
  • Eva Afifah UIN Saizu Purwokerto
  • Eva Afifah UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

UMKM, Sosialisasi, Pengabdian, Potensi

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian yang dianggap penting bagi perekonomian suatu negara. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat Desa Menganti agar menjadi masyarakat yang memiliki jiwa pebisnis. Penelitian ini dilakukan di Desa Menganti, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dimana dalam penelitian ini berbasis atau melihat pada aset, kekuatan serta potensi yang ada dengan menganalisis berbagai permasalahan yang timbul melalui program pengabdian masyarakat dalam pemberdayaan UMKM. Subjek penelitian yang digunakan merupakan orang-orang yang memiliki pengetahuan atau informasi UMKM serta sebagian orang yang memiliki potensi sebagai pelaku usaha.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Azizain Isfahani, Lutfi Rohmawati, WahyuAstiyaRamadan, Rindi Marita Puspitasari, Firdaus Thoriqul Basith, Musfirotul Khoeriyah Faizul Itsna Lathiifatuzzahra, Dwi Intan Melati Putri, Ilham Alamsyah, Eva Afifah, & Risma Hikmawati. (2023). Sosialisasi Mengembangkan Umkm Di Desa Menganti. Kampelmas, 2(2), 1409–1423. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/985

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)