Sosialisasi Mengembangkan Umkm Di Desa Menganti
Keywords:
UMKM, Sosialisasi, Pengabdian, PotensiAbstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian yang dianggap penting bagi perekonomian suatu negara. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat Desa Menganti agar menjadi masyarakat yang memiliki jiwa pebisnis. Penelitian ini dilakukan di Desa Menganti, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dimana dalam penelitian ini berbasis atau melihat pada aset, kekuatan serta potensi yang ada dengan menganalisis berbagai permasalahan yang timbul melalui program pengabdian masyarakat dalam pemberdayaan UMKM. Subjek penelitian yang digunakan merupakan orang-orang yang memiliki pengetahuan atau informasi UMKM serta sebagian orang yang memiliki potensi sebagai pelaku usaha.