Pemberdayaan Masyarakat Melalui Workshop Digitalisasi Pemasaran Usaha Pelaku UMKM di Desa Pabuaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes
Keywords:
UMKM, Digitalisasi, Pemasaran, WorkshopAbstract
Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan dalam aspek kehidupan masyarakat Indonesia termasuk di sektor perekonomian negara. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian paling penting di sektor ekonomi mengalami berbagai dampak akibat adanya covid 19. Sektor UMKM mengalami kemunduran yang signifikan akibat keadaab tersebut. Dengan demikian diperlukan model kewirausahaan yang bisa beradaptasi dengan keadaaan tersebut sehingga usaha dapat bertahan dan mengalami kemajuan kedepannya. Salah satu strategi yang dapat dilaksanakan adalah melalui digitalisasi pemasaran produk yang dihasilkan. Penelitian ini dilkasanakan dengan memakai pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran mendalam tentang suatu variabel, kondisi atau gejala dan suatu temuan yang diperoleh dilapangan yang sesuai dengan fakta dengan memakai pendekatan studi literatur mengamati serta menganalisis seluruh informasi pada topik penelitian. (apa variable, kondisi, atau gejalanya, tidak perlu uraikan definisi disini) Hasil dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil dari pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM di Desa Pabuaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes dapat mejadikan usahanya mampu bersaing tidak hanya di toko offline tetapi juga dapat memasarkan produknya melaui jaringan online (ini tujuan, apa hasilnya?). Karena itu, meningkatkan kualitas UMKM merupakan keharusan mutlak agar kedepannya dapat menciptakan keadaan kemudahan dalam melakukan usaha. Kendala yang dihapi dalam pelatihan ialah kurangnya pengguna akun media sosial sehingga perlu adalanya pembuatan akun bagi pelaku UMKM di Desa Pabuaran sebelum mempelajari cara memasarkan di dunia digital.