Pemberdayaan Masyarakat Melalui Workshop Digitalisasi Pemasaran Usaha Pelaku UMKM di Desa Pabuaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes

Authors

  • Imro’atul Khabibah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Intan Safinatunnajah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Sri Hanifah MR UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Indri Anifadilah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Aziz Kurniawan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Pemasaran, Workshop

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan dalam aspek kehidupan masyarakat Indonesia termasuk di sektor perekonomian negara. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian paling penting di sektor ekonomi mengalami berbagai dampak akibat adanya covid 19. Sektor UMKM mengalami kemunduran yang signifikan akibat keadaab tersebut. Dengan demikian diperlukan model kewirausahaan yang bisa beradaptasi dengan keadaaan tersebut sehingga usaha dapat bertahan dan mengalami kemajuan kedepannya. Salah satu strategi yang dapat dilaksanakan adalah melalui digitalisasi pemasaran produk yang dihasilkan. Penelitian ini dilkasanakan dengan memakai pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran mendalam tentang suatu variabel, kondisi atau gejala dan suatu temuan yang diperoleh dilapangan yang sesuai dengan fakta dengan memakai pendekatan studi literatur mengamati serta menganalisis seluruh informasi pada topik penelitian. (apa variable, kondisi, atau gejalanya, tidak perlu uraikan definisi disini) Hasil dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil dari pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM di Desa Pabuaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes dapat mejadikan usahanya mampu bersaing tidak hanya di toko offline tetapi juga dapat memasarkan produknya melaui jaringan online (ini tujuan, apa hasilnya?). Karena itu, meningkatkan kualitas UMKM merupakan keharusan mutlak agar kedepannya dapat menciptakan keadaan kemudahan dalam melakukan usaha. Kendala yang dihapi dalam pelatihan ialah kurangnya pengguna akun media sosial sehingga perlu adalanya pembuatan akun bagi pelaku UMKM di Desa Pabuaran sebelum mempelajari cara memasarkan di dunia digital.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Imro’atul Khabibah, Intan Safinatunnajah, Sri Hanifah MR, Indri Anifadilah, & Aziz Kurniawan. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Workshop Digitalisasi Pemasaran Usaha Pelaku UMKM di Desa Pabuaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Kampelmas, 1(2), 1045–1055. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/439

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.