Upaya Pendampingan pada Pembentukan Kampung Bahasa Arab dengan Metode Abcd di Desa Pesawahan Rawalo
Keywords:
Kampung Bahasa Arab, Pembelajaran, PendampinganAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk pendampingan masyarakat yang berfokus pada pembelajaran kosa kata Bahasa Arab di Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ABCD dengan lima tahapan, yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny yang diaplikasikan melalui pengajaran TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) yang komunikatif sehingga dapat membentuk Kampung Bahasa Arab. Program ini ditujukkan kepada masyarakat Desa Pesawahan secara umum, terlebih untuk anak-anak di TPQ. Adapun hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini yaitu program Kampung Bahasa Arab yang menjadi program utama mampu memberikan pemahaman dasar Bahasa Arab bagi anak-anak di Desa Pesawahan. Dalam sistem pengajarannya menggunakan metode langsung maupun tidak langsung. Adapun metode langsung berupa pengajaran di TPQ dan metode tidak langsungnya berupa pembuatan konten-konten Bahasa Arab seperti menyanyi serta permainan yang berhubungan dengan Bahasa Arab. Manfaat yang diperoleh dari program ini antara lain dapat memahami kosakata Bahasa Arab, seperti menggunakan salam dan sapaan dalam Bahasa Arab, misalnya selamat datang, menanyakan nama, dan kabar. Kemudian harapan besar untuk program ini adalah keberlanjutan pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan untuk menunjang keberhasilan program dari desa berupa pembentukan desa wisata religi dengan salah satunya melalui program Bahasa Arab ini.