Pelatihan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini

Authors

  • Noor Fazira Oktavianti Danang UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Kosakata Bahasa Inggris, Metode bernyanyi

Abstract

Latar belakang dari program pengabdian kepada masyarakatiini adalah kesulitan yang dimiliki anak-anak dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Anak-anak mengalami kesulitan mengingat kata-kata bahasa Inggris yang dikatakan guru, terutama yang memiliki lebih dari satu suku kata. Selain itu, mereka membuat kesalahan atau menanggapi secara tidak tepat arti katakata. Salah satu aspek perkembangan anak yang perlu ditingkatkan yaitu bahasa. Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua merupakan bagian dari aspek bahasa pada anak yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan bernyanyi. Belajar bahasa Inggris melalui bernyanyi adalah metode pembelajaran sederhana karena anak-anak lebih cenderung mengingat kosakata bahasa Inggris secara tidak langsung selama proses pembelajaran ini, memungkinkan mereka untuk memperluas kosakata bahasa Inggris mereka. Melalui nada dan katakata, anak-anak dapat mengeksplorasi pikiran dan perasaan mereka dalam metode bernyanyi ini. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Taman Pendidikan al-Qur’an Baitusu’adah desa Maos Kidul. Pelaksanaan pengabdian masyarakatiiniibertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris melalui kegiatan bernyanyi pada anak usia dini dan meningkatkan kemampuanimengajar guru di desa maos kidul. Hasil pengabdian masyarakat, terlihat adanya peningkatan dari Tari dan Zaqi. Dimana yang awalnya Tari hanya mampu menghapal 7 kosa kata sekarang meningkat 10 kosa kata. Sedangkan Zaqi yang awalnya hanya mampu menghapal 5 kosa kata sekarang meningkat 9 kosa kata. Hasil Prosentase peningkatan kosa kata pada Tari dan Zaqi mengalami peningkatan 55% sampai 70%.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Noor Fazira Oktavianti Danang. (2022). Pelatihan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Kampelmas, 1(1), 403–413. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/33