Peningkatan Produksi UMKM Klatak di Desa Karangkobar Banjarnegara Dengan Optimalisasi Pengelolaan Media Digital

Authors

  • Via Feby Fitriani UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Perkembangan Teknologi, UMKM, Produk

Abstract

Perkembangan teknologi dan persaingan bisnis yang semakin canggih menuntut usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan strategi pemasaran yang baik agar tetap dapat bersaing dengan para pesaingnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM dalam menghadapi persaingan di era digital. Penelitian ini tujuannya untuk menentukan strategi pemasaran produk UMKM dan menemukan kendala yang terjadi. Kendala yang biasanya dihadapi UMKM adalah tidak fokus pada pemasaran, daya tarik produk masih bergantung pada produk lama, dan strategi pengembangan produk masih kurang. Untuk keberlangsungan perusahaan, inovasi produk perusahaan sangat diperlukan, karena perekonomian pemerintah daerah ditopang oleh keberadaan UMKM. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa untuk tingkat pemasaran produk mereka memang masih sangat minim, karena kurangnya pengetahuan dalam bidang teknologi sehingga mereka masih menggunakan cara lisan saja, Sambil menerapkan harga yang kompetitif. Berbeda dengan industri perdagangan, mereka terutama menggunakan strategi penetapan harga yang kompetitif, tetapi ada juga pasar sasaran yang cenderung mengarah pada ceruk pasar agar produknya diterima pasar.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Via Feby Fitriani. (2022). Peningkatan Produksi UMKM Klatak di Desa Karangkobar Banjarnegara Dengan Optimalisasi Pengelolaan Media Digital. Kampelmas, 1(1), 23–29. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/26

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.