Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Berkualitas (SDGS 4) Melalui Seminar Parenting Untuk Orang Tua dan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Kedungjati Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen
Keywords:
Karakter Anak, Orang Tua, Parenting, Pendidikan BerkualitasAbstract
Sebagian besar masyarakat Desa Kedungjati, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen bekerja merantau, sehingga masyarakat yang sudah berkeluarga cenderung jauh dari anak-anaknya. Orang tua yang bekerja merantau jauh dari desa menjadikan tumbuh kembang anak kurang mendapatkan pendampingan dan pola asuh yang optimal. Sebagian orang tua di Desa Kedungjati juga belum mendapatkan edukasi yang baik tentang kualitas pendidikan dari tingkat terdekat anak yaitu keluarga. Masih sulit bagi masyarakat Desa Kedungjati untuk mendukung dan mengembangkan karakter anak melalui pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan demikian, mahasiswa KKN Kolaborasi PTKIN dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mewujudkan pendidikan berkualitas agar dapat membentuk anak yang berkarakter dan bahagia melalui seminar parenting. Metode penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Pendekatan berbasis aset membantu komunitas melihat kenyataan kondisi internal dan potensi perubahan yang dapat diupayakan. Hasil dari kegiatan pendampingan melalui seminar parenting ini adalah masyarakat dapat mengetahui pola asuh yang baik agar dapat membentuk anak yang berkarakter dan bahagia serta masyarakat dapat terampil untuk menerapkan tips and tricks yang disampaikan dalam pendampingan. Dengan demikian, aset masyarakat Desa Kedungjati berupa anak dapat difasilitasi dengan lebih baik untuk membangun Indonesia Emas dengan pendidikan berkualitas sejak usia dini.