Inovasi Penguatan UMKM Melalui Demonstrasi Pembuatan Olahan Hasil Pertanian, Branding dan Digital Marketing

Authors

  • Rifqi Akmal Wildan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Yani Fitriani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Nampi Astuti UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Zaenal Abidin UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Agung Praji Waluyo UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Zahra Tiara Ahmad UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Siti Lestari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Sri Indah Lestari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Musyafiq Zahid Mimbar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • almh. Amalia Mudrikah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

Keywords:

Pelatihan, Bawang Goreng, Asset Based Communitty Development, Pendapatan Keluarga.

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan suatu hal yang akan terus diusahakan dan diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan bisa tercapai apabila pendapatan masyarakat mengalami peningkatan. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan bawang goreng dan gethuk goreng yang diharapkan dapat menambah pendapatan keluarga. Metode yang digunakan adalah pendekatan ABCD (Asset Based Communiy Development) dengan menekankan pemberdayaan, pemahaman akan potensi dan tantangan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas secara individu maupun kelompok. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adanya pelatihan pembuatan bawang goreng dan gethuk goreng, pendampingan cara pemasaran yang baik dan tepat, pembuatan brand produk dan juga pembuatan media sosial secara digital; Facebook, Instagram

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Rifqi Akmal Wildan, Yani Fitriani, Nampi Astuti, Zaenal Abidin, Agung Praji Waluyo, Zahra Tiara Ahmad, Siti Lestari, Sri Indah Lestari, Musyafiq Zahid Mimbar, & almh. Amalia Mudrikah. (2023). Inovasi Penguatan UMKM Melalui Demonstrasi Pembuatan Olahan Hasil Pertanian, Branding dan Digital Marketing. Kampelmas, 2(1), 355–364. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/630