OPTIMALISASI PEMASARAN UMKM MELALUI PENAMAAN LOKASI DI GOOGLE MAPS TERHADAP UMKM DI DESA JRAKAH, PEMALANG

Authors

  • Ira Nidaan Khofiyya UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Iqbal Hidayat UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mohammad Toha Umar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Media Promosi, Google Maps, UMKM

Abstract

Jrakah merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Taman, Kabupaten
Pemalang, dimana mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pedagang
atau memiliki usaha UMKM. Namun, rata-rata dari para pelaku usaha di desa
jrakah memiliki pengetahuan pemasaran yang masih terbatas. Kebanyakan
dari UMKM di desa Jrakah ini hanya di promosikan melalui mulut ke mulut dan
mengandalkan penduduk sekitar tanpa adanya penggunaan digital sebagai
sarana pemasaran seperti kebanyakan pelaku usaha saat ini. Pada era digital,
penggunaan aplikasi Google Maps bisa menjadi sarana pemasaran bagi UMKM
untuk mengenalkan usahanya agar jangkauan konsumen menjadi lebih luas.
Salah satu tujuan dari pengabdian kami kepada msayarakat di desa jrakah ini
adalah untuk memberikan wawasan pemasaran yang lebih maju dan mengikuti
perkembangan zaman kepada masyarakat desa jrakah yang memiliki usaha
UMKM agar mempu mengoptimalisasikan promosi produk melalui media digital.
Adapun metode yang digunakan adalah sebuah kegiatan sosialisasi terkait
pemasaran dan pelatihan yang berbentuk pendaftaran lokasi UMKM pada
Google Maps sebagai sarana promosi. Hasil dari kegiatan yang telak terlaksana
ini adalah lokasi yang terdaftar dan sudah masuk dalam Google Maps bagi
pelaku UMKM desa jrakah ini.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Khofiyya, I. N., Hidayat, I., & Umar, M. T. (2023). OPTIMALISASI PEMASARAN UMKM MELALUI PENAMAAN LOKASI DI GOOGLE MAPS TERHADAP UMKM DI DESA JRAKAH, PEMALANG. Kampelmas, 2(2), 1689–1701. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/922

Most read articles by the same author(s)