Pengembangan Pemasaran Produk UMKM Melalui Desain Kemasan di Desa Notog Kecamatan Patiktraja

Authors

  • Alfina Ragista Cahyani UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Zahratul Jannah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Hilmatun Nafiah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Yosi Intan Pandini Gunawan UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ngasyik Ubaidi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Quroetu Aini UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dwi Nur Salimah UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Afni Nur Rahmawati UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Defanti Alifatul UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

UMKM, Digital Marketing

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya pendampingan mengenai digital marketing dan pembaruan desain kemasan pada pelaku UMKM di Desa Notog Kecamatan Patikraja. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk pendampingan yang berfokus pada pemasaran digital dan pembaruan desain kemasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ABCD dengan lima tahapan, yaitu discovery, dream, design, define, dan destiny yang diaplikasikan melalui pendampingan secara langsung mengenai pembuatan akun shopee, google maps dan Facebook kepada pelaku UMKM di Desa Notog diantaranya yaitu UMKM keripik dan geropak. Program ini ditujukkan kepada pelaku UMKM yang ada di Desa Notog. Adapun hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini yaitu pendampingan digital marketing yang menjadi program utama mampu mengembangkan usaha dan semakin dikenal oleh masyarakat luas lewat pemasaran yang dilakukan secara online di market place berupa shopee, google maps dan facebook. Manfaat yang diperoleh dari program ini antara lain dapat memberikan akses secara luas kepada pelaku usaha untuk memasarkan produk nya sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Desa Notog. Kemudian harapan besar untuk program ini adalah keberlanjutan dan semakin berkembang besar, dimana UMKM merupakan salah satu potensi Desa Notog dan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia khususnya di Desa Notog.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Cahyani, A. R., Jannah, Z., Nafiah, H., Gunawan, Y. I. P., Ubaidi, N., Aini, Q., Salimah, D. N., Rahmawati, A. N., & Alifatul, D. (2023). Pengembangan Pemasaran Produk UMKM Melalui Desain Kemasan di Desa Notog Kecamatan Patiktraja. Kampelmas, 2(2), 729–738. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/958

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)