Strategi Pemanfaatan Konvergensi Media Melalui Media WhatsApp dan Facebook dalam Membangun Brand Awareness Bisnis Fena Bakery

Authors

  • Muhammad Ainul Yaqin UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fauzia Mitsu Salsabila UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dqi Arsita
  • Fitria Zana Kumala

Keywords:

Konvergensi media, brand awareness, Digital Marketing, ABCD, Fena Bakery

Abstract

Di era yang semakin maju diiringi dengan canggihnya teknologi, menuntut semua orang untuk kreatif dalam memanfaatkan teknologi, termasuk para pelaku usaha dalam membangun strategi pemasaran di era new media. Konsumen dalam membeli barang tentu akan memilih barang yang telah konsumen kenali, oleh sebab itu para pelaku usaha harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Dengan adanya konvergensi media, digital marketing atau pemasaran secara digital menjadi strategi yang amat penting dalam hal pemasaran sebuah bisnis, contohnya peralihan pemasaran secara konvensional melalui berdagang keliling menjadi pemasaran secara digital melalui media sosial dalam menarik minat pelanggan. Fena Bakery menggunakan strategi ini untuk meningkatkan brand awareness terhadap mereknya. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan konvergensi media melalui platform WhatsApp dan Facebook dalam memperkuat kesadaran merek pada bisnis Fena Bakery. Metode pengabdian ini menggunakan Asset-Based Community Development (ABCD) diterapkan untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan aset media sosial dalam mempromosikan produk. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Fena Bakery memanfaatkan konvergensi media untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness secara signifikan. Dengan mengintegrasikan media sosial dalam strategi pemasaran mereka, Fena Bakery berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam, serta meningkatkan pengenalan merek di pasar yang kompetitif.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Yaqin, M. A., Salsabila, F. M., Arsita, D., & Kumala, F. Z. (2024). Strategi Pemanfaatan Konvergensi Media Melalui Media WhatsApp dan Facebook dalam Membangun Brand Awareness Bisnis Fena Bakery. Kampelmas, 3(2), 533–543. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/1259