Strategi Peningkatan Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Produk Opak di Desa Notog Patikraja
Keywords:
Strategi, Pemasaran, Opak Singkong, UMKMAbstract
Pengabdian ini membahas tentang strategi peningkatan pemasaran untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada produk opak di Desa Notog Patikraja. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menemukan strategi yang tepat dalam meningkatkan pemasaran produk opak di UMKM. Metode pengabdian yang digunakan adalah wawancara langsung dengan pemilik UMKM opak, observasi lapangan, dan studi literatur. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengabdian yang telah dilakukan di Desa Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas ini menunjukkan peningkatan pada penjualan UMKM yang ada di Desa Notog, khususnya UMKM yang memproduksi opak yang bisa dibilang peningkatan penjualannya cukup signifikan, dari berbagai metode pendekatan ABCD yang dilakukan dan diterapkan. Kesimpulan para UMKM Desa Notog perlu ditingkatkan dalam bidang produksi, pengemasan, dan pemasaran agar produk opak singkong berkembang dan menjadi pusat penjualan produk opak singkong khas Desa Notog Kecamatan Patikraja.