Pelatihan Digital Marketing di Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap

Authors

  • Sarah Ningrum Nuranisya UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Potensi Pengembangan UMKM, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Tingkat ekonomi masyarakat menentukan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Dari 88 lapangan pekerjaan yang ada di Desa Maos Kidul, terdapat 289 wiraswasta dan 102 pedagang. Namun, sebagian besar pedagang di Maos Kidul masih menjual produknya di pinggir jalan dan di rumah mereka, sehingga tidak diketahui keberadaannya. Dari data tersebut terlihat bahwa inisiatif masyarakat untuk meningkatkan perekonomian tanpa sepenuhnya mengandalkan bantuan pemerintah dan adanya potensi untuk mengembangkan UMKM melalui Digital Marketing di Desa Maos Kidul. Dengan adanya potensi UMKM yang dimiliki oleh Desa Maos Kidul itu menjadi permasalahan bagaimana kita sebagai mahasiswa dapat memberi pemahaman tentang digital marketing sehingga produk UMKM yang ada dapat dikenal oleh masyarakat luas. Pengabdian yang dilakukan akan meningkatkan potensi melalui digital marketing yang dapat diterapkan pada bisnisnya. Diharapkan setelah pelatihan ke depannya pemahaman tentang Digital Marketing ini dapat digunakan dan diterapkan oleh pelaku UMKM di Desa Maos Kidul sehingga produk UMKM Desa Maos Kidul dapat dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di dalam Desa Maos Kidul saja.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Sarah Ningrum Nuranisya. (2022). Pelatihan Digital Marketing di Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Kampelmas, 1(1), 529–538. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/66

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.