Pelatihan Branding Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Pada Produk Umkm Desa Karangjati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap

Authors

  • Feri Irawan Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Kemasan, UMKM, Pemasaran

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Karangjati merupakan salah satu sektor perekonomian yang krusial dan menjadi ladang penghasilan bagi masyarakat setempat, beberapa diantaranya dalah kue kecepit, serimping, peyek, telor asin dan aneka snack. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, didapati bahwa packaging dari produk UMKM tersebut masih polos dan kurang menarik minat konsumen. KKN Kelompok 48 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto angkatan ke-49 2022 memiliki program kerja pemberdayaan masyarakat unggulan berupa branding UMKM yang fokus utamanya adalah meningkatkan penjualan dan pemasaran melalui peningkatan branding packaging. Metode yang digunakan metode pengabdian Asset Based Community Development dengan diawali proses observasi dan wawancara yang menghasilkan branding packaging menjadi solusi permasalahan UMKM yang kurang berinovasi dan tidak memperhatikan desain kemasan. Hasil pengabdian masyarakat ini terdapat upaya perbaikan branding packaging hal ini sangat diperlukan dalam peningkatan pemasaran produk UMKM.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Feri Irawan. (2023). Pelatihan Branding Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Pada Produk Umkm Desa Karangjati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap. Kampelmas, 1(1). Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/71