Peningkatan Nilai Jual Produk Melalui Labeling Kemasan Pada Produk UMKM Desa Lenggerong

Authors

  • Syifa Wafirotul Khusna UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Farah Alifiyah Nur Fisabilillah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Moh Iskandar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Syahrul Ichbatil Falakh UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Andianto Andianto UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Nurfuadi Nurfuadi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Peningkatan, Nilai Jual, Labeling, Kemasan, UMKM

Abstract

UMKM mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara.
Hampir 61 % memiliki kontribusi untuk menaikan produk domestik bruto (PDB).
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi angka keberhasilan pertumbuhan
pada UMKM yaitu pemberian label pada produk. Labeling ini bertujuan agar
produk terlihat menarik sehingga konsumen tertarik untuk membeli. Adanya
labeling ini menambah nilai tersendiri dan sangat berdampak pada pemasaran
produk. Sebab itulah perlu adanya pemberian labeling pada produk kemasan.
Beberapa UMKM yang terdapat di Desa Lenggerong, Kecamatan Bantarbolang,
Kabupaten Pemalang belum memiliki pemahaman tentang pentingnya labeling.
Produk yang dikemas dari beberapa UMKM di Lenggerong ini masih sederhana,
hanya dibungkus plastik kemudian ditutup dengan staples. Tujuan pengabdian
ini adalah meningkatkan nilai jual produk melalui labeling kemasan pada produk
UMKM Desa Lenggerong. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset
Based Community Development) dan penyuluhan door to door dengan cara
presentasi tentang dampak labeling terhadap kemasan produk, memberikan
praktik labeling sebagai pengalaman nyata, dan tahap evaluasi hasil penerapan
labeling. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan
nilai jual produk melalui labeling kemasan produk UMKM di Desa Lenggerong.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Khusna, S. W., Fisabilillah, F. A. N., Iskandar, M., Falakh, S. I., Andianto, A., & Nurfuadi, N. (2023). Peningkatan Nilai Jual Produk Melalui Labeling Kemasan Pada Produk UMKM Desa Lenggerong . Kampelmas, 2(1), 293–303. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/653