Pendampingan Pembuatan Kemasan Produk dengan Tujuan Memperkuat Branding Wedang Djalang di Banjarnegara

Authors

  • Nina Agustin UIN Saizu Purwokerto
  • Enjen Zaenal Mutaqin UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Kemasan Produk, Branding, UMKM

Abstract

Pada dunia usaha saat ini dengan persaingan yang semakin ketat, para pelaku usaha dituntut untuk terus menciptakan berbagai hal yang kreatif dan inovatif, salah satunya adalah menciptakan tampilan kemasan semenarik mungkin. Dikondisi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia tahun 2020 menjadikan ajang kebangkitan para pelaku UMKM dari penurunan penjualan yang secara tiba-tiba. Hal itu dirasakan oleh Pak Rozak selaku pemiliki produk Wedang Djalang, dimana dengan adanya pengurangan mobilitas antar manusia menjadikan penurunan konsumen dan kelangkaan bahan-bahan dari produk Wedang Djalang yang menuntut pelaku usaha untuk mengubah cara pemasarannya. Salah satu aspek pemasaran dalam produk Wedang Djalang yang perlu dikembangkan lagi yaitu pada tampilan kemasan produk Wedang Djalang. Dengan menggunakan metode pendampingan untuk memecahkan permasalahan pada kemasan produk, maka mahasiswa Kualiah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 35 dari Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto akan melakukan kegiatan pengembangan desain kemasaran baru untuk membantu UMKM di desa Gumelem Kulon yakni dengan merubah kemasan produk Wedang Djalang agar terlihat lebih menarik di mata konsumen. Dengan tampilan kemasan baru pada produk Wedang Djalang menjadikan peluang untuk meningkatkan penjulan produk dan memperkuat brand wedang djalang.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Nina Agustin, & Enjen Zaenal Mutaqin. (2022). Pendampingan Pembuatan Kemasan Produk dengan Tujuan Memperkuat Branding Wedang Djalang di Banjarnegara. Kampelmas, 1(1), 517–527. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/65