Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Dengan Mengembangkan Kreativitas Remaja Desa Bangsa, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas
Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Kreatifitas, RemajaAbstract
Banyaknya jumlah Usaha Ekonomi Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan memberi efek baik, karena UMKM adalah sektor perekonomian yang potensial dan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat golongan menengah ke bawah, dikarenakan UMKM juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Metode kerja dalam kuliah kerja nyata ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pendekatan ini menekankan pada inventarisasi asset yang terdapat di dalam masyarakat yang dipandang mendukung pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah Workshop Business Digital Marketing yaitu mengembangkan kreativitas remaja Desa Bangsa melalui aplikasi Canva. Adapun hasil yang didapatkan dari workshop tersebut adalah masyarakat terutama para remaja mempunyai tingkat kreatifitas dalam membuat desain yang menarik untuk strategi digital marketing.