Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Dengan Mengembangkan Kreativitas Remaja Desa Bangsa, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas

Authors

  • Ahmad Miftah Fajrul Ilmi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ditria Arsi Rahayu UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Ikhda Nurfaresi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Khoirun Nisaa UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Laelatul Maghfiroh UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Rizka Amalia UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Safira Syahgita Lina UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Santi Sulastri UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Sri Wahyuningsih UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Zidane Antasena UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Maghfira Febriana UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Kreatifitas, Remaja

Abstract

Banyaknya jumlah Usaha Ekonomi Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan memberi efek baik, karena UMKM adalah sektor perekonomian yang potensial dan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat golongan menengah ke bawah, dikarenakan UMKM juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Metode kerja dalam kuliah kerja nyata ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) merupakan model pendekatan dalam pengembangan masyarakat. Pendekatan ini menekankan pada inventarisasi asset yang terdapat di dalam masyarakat yang dipandang mendukung pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah Workshop Business Digital Marketing yaitu mengembangkan kreativitas remaja Desa Bangsa melalui aplikasi Canva. Adapun hasil yang didapatkan dari workshop tersebut adalah masyarakat terutama para remaja mempunyai tingkat kreatifitas dalam membuat desain yang menarik untuk strategi digital marketing.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Ilmi, A. M. F., Ditria Arsi Rahayu, Ikhda Nurfaresi, Khoirun Nisaa, Laelatul Maghfiroh, Rizka Amalia, Safira Syahgita Lina, Santi Sulastri, Sri Wahyuningsih, Zidane Antasena, & Febriana, M. (2023). Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Dengan Mengembangkan Kreativitas Remaja Desa Bangsa, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Kampelmas, 2(2), 575–587. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/937

Most read articles by the same author(s)