Transformasi Digital Dalam Pemasaran Produk Inovasi Singkong Untuk Meningkatkan Nilai Aset Desa Di Dukuh Semanda
Keywords:
Digital Marketing, Inovasi, UMKM, Media SosialAbstract
Pemasaran digital marketing memudahkan konsumen mendapatkan apa yang mereka butuhkan, sehingga meningkatkan potensi penjualan bagi produsen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial dalam meningkatkan pemasaran UMKM dan menciptakan inovasi produk baru berbahan dasar singkong (Casavva Roll) di Dukuh Semanda. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Pelaksanaan kegiatan ini terstruktur dalam dua tahap yang saling berkesinambungan, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan Seluruh usaha kecil menengah yang dilibatkan dalam penelitian ini di Dusun Semanda, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian Kelompok 126 KKN 52 UIN Prof. K.H. Syarifuddin Zuhri Purwokerto Menyusun dinamika proses pendampingan yang komprehensif. Pertama, kegiatan workshop yang dirancang khusus untuk membantu menguasai konsep digital marketing. Kedua melakukan inovasi produk dalam rangka meningkatkan nilai tambah dari hasil panen singkong tersebut. Produk inovasi tersebut diberi nama Cassava Roll yang merupakan kolaborasi inovatif yang menggabungkan kekayaan alam dan kreativitas manusia, menjadikan singkong sebagai bahan baku unggulan dalam bentuk yang menarik.