Transformasi Digital Dalam Pemasaran Produk Inovasi Singkong Untuk Meningkatkan Nilai Aset Desa Di Dukuh Semanda

Authors

  • Anja Najibah UIN Saizu Purwokerto
  • Annastasya Dalila Putri Berlian UIN Saizu Purwokerto
  • Annisa Indirani Rahayu UIN Saizu Purwokerto
  • Hana Elisa Oktavia UIN Saizu Purwokerto
  • Ibnu Mas’ud Aqil UIN Saizu Purwokerto
  • Nelisah UIN Saizu Purwokerto
  • Rofikul Anam UIN Saizu Purwokerto
  • Sadilah Setyaningsih UIN Saizu Purwokerto
  • Salsabiela Dwi Rahmawati UIN Saizu Purwokerto
  • Sri Asih Mujianti UIN Saizu Purwokerto
  • Sri Asih Mujianti UIN Saizu Purwokerto

Keywords:

Digital Marketing, Inovasi, UMKM, Media Sosial

Abstract

Pemasaran digital marketing memudahkan konsumen mendapatkan apa yang mereka butuhkan, sehingga meningkatkan potensi penjualan bagi produsen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial dalam meningkatkan pemasaran UMKM dan menciptakan inovasi produk baru berbahan dasar singkong (Casavva Roll) di Dukuh Semanda. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Pelaksanaan kegiatan ini terstruktur dalam dua tahap yang saling berkesinambungan, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan Seluruh usaha kecil menengah yang dilibatkan dalam penelitian ini di Dusun Semanda, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian Kelompok 126 KKN 52 UIN Prof. K.H. Syarifuddin Zuhri Purwokerto Menyusun dinamika proses pendampingan yang komprehensif. Pertama, kegiatan workshop yang dirancang khusus untuk membantu menguasai konsep digital marketing. Kedua melakukan inovasi produk dalam rangka meningkatkan nilai tambah dari hasil panen singkong tersebut. Produk inovasi tersebut diberi nama Cassava Roll yang merupakan kolaborasi inovatif yang menggabungkan kekayaan alam dan kreativitas manusia, menjadikan singkong sebagai bahan baku unggulan dalam bentuk yang menarik.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Anja Najibah, Annastasya Dalila Putri Berlian, Annisa Indirani Rahayu, Hana Elisa Oktavia, Ibnu Mas’ud Aqil, Nelisah, Rofikul Anam, Sadilah Setyaningsih, Salsabiela Dwi Rahmawati, Sri Asih Mujianti, & Harisman. (2023). Transformasi Digital Dalam Pemasaran Produk Inovasi Singkong Untuk Meningkatkan Nilai Aset Desa Di Dukuh Semanda. Kampelmas, 2(2), 1471–1484. Retrieved from https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/989

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)